5 Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Serta Cara Mengatasinya

Gemboxin - Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya. Mendapatkan banyak traffic ialah hal yang paling diinginkan oleh semua blogger. Sebab dengan adanya banyak traffic maka dapat dikonfirmasi artikel yang dibagikan bermanfaat buat banyak orang. tidak cuma itu, blog  yang mempunyai lalu lintas trafik yang ramai tentu dapat menghasilkan banyak uang. Persoalan ini buka kisah baru lagi buat saat ini.

Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya 5 Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya

Sehingga, salah satu tujuan para blogger menulis artikel ialah mendapatkan banyak pengunjung. Mendapatkan banyak pengunjung memang menjadi sebuah kebanggaan, tetapi bagaimana reaksi anda jika trafik blog anda tiba-tiba turun drastis. Persoalan ini tentu bakal membuat anda sedikit merasa panik serta keheranan kemudian bertanya-tanya apa penyebabnya.

Nah, hal ini serupa yang saya alami beberapa tahun lalu. Tiba-tiba trafik blog ini turun drastis tanpa ada tanda apa-apa. Tentu reaksi saya juga kaget plus heran. Saat itu juga saya mulai mencari tahu apa saja yang saya lalukan sehingga menyebabkan traffic blog menurun drastis. Ada dua waktu dimana trafik blog saya menurun. Yang pertama ialah pada bulan desember 2018 serta yang kedua ialah bulan maret sampai akhir juni 2019.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel Untuk Seorang Blogger

Kedua pengalaman tersebut bakal saya bagikan kepada anda agar anda tahu penyebab serta cara mengatasi trafik blog yang menurun. Simak pembahasan lengkap berikut ini:

Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya


1. Artikel Musiman serta Tidak Abadi

Penyebab pertama ialah artikel yang anda buat adalah artikel musiman bukan artikel abadi. Apa yang dimaksudkan dengan artikel musiman serta abadi. Artikel musiman ialah artikel yang cuma dicari oleh seseorang saat waktu tertentu. Misalnya artikel yang membahas tentang soal ujian nasional, maka artikel ini bakal banyak dicari pada waktu menjelang ujian nasional. Oleh karna itulah Mengapa pengunjung tiba-tiba turun secara gratis. Beda halnya jika anda membuat artikel abadi, artikel abadi artinya artikel tanpa musim serta selalu dicari oleh orang. Misalnya artikel tentang tutorial, artikel seperti ini bakal banyak dicari oleh orang dari waktu ke waktu.

Persoalan inilah Mengapa pada saat bulan desember 2018, pengunjung blog saya tiba-tiba turun secara drastis. Karena pada saat itu saya membuat artikel tentang perkuliahan sehingga saat waktu kuliah libur maka tak ada yang bakal mengunjungi blog serta menyebabkan penurunan trafik. Aku menyadari hal tersebut, maka saya mulai membuat artikel yang sifatnya abadi tanpa musim. Seperti artikel tutorial serta lain sebagainya. Artinya cara mengatasi masalah ini ialah anda perlu membuat artikel yang sifatnya abadi atau kombinasi artikel abadi serta musiman.

2. Mengganti Domain

kalau trafik blog anda turun secara drastis setelah mengganti alamat blog (Domain) maka itulah salah satu penyebabnya. Persoalan ini karna saat anda mengganti alamat domain artinya google bakal menganggap blog anda ialah blog barus. Maka google memerlukan waktu kembali buat mengindeks blog anda dengan domain baru. Persoalan ini pernah saya alami saat bulat maret sampai akhir juni 2019 lalu.

Ketika saya mengganti nama domain, yang terjadi ialah banyak artikel saya yang bergeser dari posisi page one. Akibat pergeseran ini maka bakal sangat berpengaruh pada trafik. Persoalan ini juga yang membuat trafik blog turun secara drastis. Nah, buat mengatasi masalah ini maka anda jangan pernah mengganti nama domain anda. kalau anda mau menggunakan domain berbayar maka gunakan lah dari awal, jangan Telah bertahun-tahun baru ganti.

3. Mengganti Template Yang Tidak SEO serta Responsive

Salah satu penyebab turunnya traffic blog ialah anda sering mengganti template dengan yang tak SEO serta Responsive. Ketika anda mengganti template maka robot google bakal kembali merayapi blog. Terjadinya perubahan struktur pada template bakal sangat berpengaruh pada traffic anda, terutama jika anda tak menggunakan template yang SEO serta Responsive. Nah, jika anda mau serius dalam dunia blogger maka cobalah buat mengumpul uang buat membeli template yang premium.

4. Tidak Update Artikel Secara Konsisten

Konsistensi dalam menulis adalah salah satu kendala bagi kebanyakan blogger pemula. Persoalan ini karna rasa kurang sabar dalam membangun blog. Sehingga saat melihat blog tersebut tak mampu menghasilkan, mereka mulai malas buat menulis artikel. Tidak konsisten dalam menulis artikel setiap hari tentu bakal memperburuk blog anda. Akibatnya terjadinya penurunan trafik yang sangat drastis. Jadi, saat anda tak mau traffic blog menurun maka cobalah buat tetap konsisten dalam menulis artikel.

Baca Juga : Manfaat Mengupdate Artikel Setiap Hari Di Blog Dengan Konsisten

5. Terkena Penalti dari Google

Google sangat keras bagi mereka yang melanggar aturan yang telah ditetapkan buat para blogger. Sehingga google bakal mengambil tindakan saat blogger melanggar aturan tersebut. Persoalan ini bertujuan buat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. kalau anda melakukan pelanggaran yang diluar batas seperti melakukan copy paste, mengambil gambar blog orang lain tanpa izin, menggunakan robot buat menaikkan rank serta lain sebagainya. Blogger yang melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut bakal mendapatkan penalti dari google. Persoalan ini membuat peringkat blog anda turun serta menyebabkan traffic blog ikut menurun. Bahkan yang paling fatal ialah blog anda dapat dihapus. Untuk menghindari masalah ini maka anda perlu mulai membuat artikel-artikel yang original.


Cara Mengatasi Penurunan Traffic Blog

Untuk cara mengatasinya telah saya bahas secara langsung dalam setiap poin diatas, tetapi buat lebih memudahkan anda menangkap poin pentingnya. Maka kali ini saya bakal memberikan poin penting tentang cara mengatasi penurunan traffic blog secara drastis.
  1. Buat artikel yang bersifat abadi yang selalu diperlukan oleh banyak orang setiap harinya bukan artikel musiman. Contohnya ialah artikel tutorial.
  2. Jangan mengganti domain blog anda. kalau anda mau menggunakan domain TLD (berbayar) maka gunakan dari awal blog dibuat serta jangan diganti jika umur blog telah bertahun-tahun.
  3. Jangan sering mengganti template, jika perlu gunakan satu template saja buat selamanya.
  4. Update artikel secara konsisten.
  5. Jangan melanggar kebijakan Google tentang blogger. Buatlah artikel yang original karna lebih disukai oleh google.
Baca juga : Cara Mengetahui Backlink Website Orang Lain Menggunakan SEO SpyGlass

Itulah artikel tentang Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat buat anda. Jangan lupa buat share artikel ini kepada teman-teman anda. Kalian juga bisa follow blog ini buat mendapatkan artikel secara gratis setiap harinya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, terimakasih telah berkunjung serta sampai jumpa kembali.

Belum ada Komentar untuk "5 Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Serta Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel