Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java

Gemboxin - Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java. Bahasa Java ialah salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan buat melakukan simulasi. Bahasa ini termaksud bahasa yang paling banyak digunakan dalam membuat aplikasi desktop. Perkara ini karna bahasa java cukup gampang serta banyak dilengkapi dengan mermacam library-library yang dapat membantu anda.

Untuk melakukan simulasi gerak parabola sederhana menggunakan bahasa java anda membutuhkan sebuah metode. Metode yang digunakan buat melakukan simulasi gerak ini ialah metode verlet. Metode verlet ialah salah satu metode numerik yang dapat kita gunakan buat mengintegrasikan persamaan gerak sebuah benda. Untuk persamaan gerak sebuah benda, anda bisa menggunakan persamaan gerak posisi atau kecepatan. Oleh karna itu anda bisa menggunakan 2 metode verlet, yaitu metode verlet posisi serta metode verlet kecepatan.

Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java


Pada kesempatan kali ini saya menggunakan metode verlet kecepatan buat melakukan simulasi gerak parabola. kalau anda bertanya Kenapa saya menggunakan metode verlet atau apa kelebihan metode ini dibandingkan dengan metode lainnya?. Alasannya ialah metode verlet mempunyai stabilitas numerik yang baik sehingga sangat cocok buat simulasi persamaan gerak bandul.

Baca Juga : Program Penjumlahan serta Perkalian 2 Vektor 3D Menggunakan Bahasa C

Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java

Langkah awal dalam simulasi ini ialah mendeklarasikan semua variabel yang diperlukan seperti, posisi, kecepatan, percepatan, waktu, serta sudut baik pada keadaan awal serta pada keadaan akhir. Setelah itu kita memberikan nilai awal, seperti kecepatan awal benda, posisi awal serta percepatan awal benda. Langkah selanjutnya ialah menggunakan algoritma atau metode verlet buat menentukan posisi, kecepatan, serta percepatan benda pada selang waktu tertentu. Dengan demikian maka kita bakal memperoleh informasi mengenai posisi, kecepatan, serta percepatan benda tersebut dalam lintasan parabola yang dilaluinya.

Berikut ialah program sederhana simulasi gerak parabola menggunakan bahasa java:

/*
Nama : Mozaik Al Qharomi
Nim  : G1B014027
Program : Parabola.java
*/
/*Program Parabola
  Persamaan yang digunakan
  Vx0 = V0*Math.cos(thetha*Math.PI/180);
  Vy0 = V0*Math.sin(thetha*Math.PI/180);

  Xnp1 = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2);
  Vxnp1 = Vxn + (0.5*(axn+axnp1)*dt);
  Variable yang di perlukan
  Xn, Yn, axn, ayn, V0, Vxn, Vyn, thetha, dt;

*/
public class Parabola{
public static void main(String[] args){
StdDraw.setXscale(0.0, 40.0);
StdDraw.setYscale(0.0, 40.0);
double Xn, Yn, axn, ayn, Vxn, Vyn;
double thetha = 60;
double V0 = 20.0; // m/s
double dt = 0.01;
double dt2 = dt*dt;
long i;
// Posisi awal benda di x,y = 0,0
Xn = 0.0;
Yn = 0.0;
// Kecepatan awal benda
Vxn = V0*Math.cos(thetha*Math.PI/180); // arah sumbu x
Vyn = V0*Math.sin(thetha*Math.PI/180); // arah sumbu y
// Percepatan Benda dalam arah sumbu x serta sumbu y
axn = 0.0;
ayn = -9.8;
for(i=1; i<1000; i++){
// Metode Verlet Kecepatan
Xn = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2); // Xnp1 = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2);
Vxn = Vxn + (0.5*(axn+axn)*dt); // Vnp1 = Vxn + (0.5*(axn+axn)*dt);
Yn = Yn + Vyn*dt + (0.5*ayn*dt2); // Ynp1 = Yn + Vyn*dt + (0.5*ayn*dt2);
Vyn = Vyn + (0.5*(ayn+ayn)*dt); // Vynp1 = Vyn + (0.5*(ayn+ayn)*dt);
//Output program
System.out.println("Xn = " + Xn + " Yn = " + Yn); // menampilkan nilai posisi benda X,Y
StdDraw.clear(); // menghapus Object Lama
StdDraw.line(0,40,0,0); // menggambar garis
StdDraw.line(40,0,0,0);
StdDraw.picture(Xn, Yn, "angry bird4.PNG"); // menampilkan gambar
//StdDraw.filledCircle(Xn, Yn, 1.0);
StdDraw.show(5); // delay
if(Yn <= 0){
break;
}
}
}
}

atau anda bisa download program simulasi gerak parabola lewat link ini.

Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java

Untuk StdDraw.picture(Xn, Yn, "angry bird4.PNG"); pada program tersebut, anda perlu mempunyai file angry bird4.PNG yang dapat anda download lewat link diatas. Code tersebut digunakan buat menambilkan objek dengan gambar "angry bird4.png". Kalian bisa menggunakan gambar apa saja yang anda inginkan, yang terpenting ialah ukuran gambar perlu anda sesuaikan.

Baca Juga : Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2x2 Menggunakan Python

Itulah artikel tentang Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada Anda. Jangan lupa buat share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui apa yang Kalian ketahui, mari berbagi pengetahuan kepada semua orang. Jangan lupa juga buat follow blog ini agar Kalian tak ketinggalan informasi terbaru dari kami. kalau ada pertanyaan terkait Bahasa Java, maka silahkan tanyakan kepada kami lewat kolom komentar. Akhir kata kami ucapkan terima kasih karna telah berkunjung ke blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel