Contoh Proposal Kkn Tematik Lengkap Dengan File Dokumen “Docx”

Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “doc”. KKN adalah salah satu kegiatan yang bakal di jumpai oleh Mahasiswa. Seperti kepanjangannya yaitu Kuliah Kerja Nyata. KKN adalah kegiatan mahasiswa sebagai salah satu bentuk pengabdian. Di mana mahasiswa bakal di terjunkan langsung ke dalam lingkup masyarakat. Tujuan dari KKN ialah membentuk pribadi Mahasiswa yang dapat bersosialisasi dengan masyarakat guna dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Berbaur dengan masyarakat bakal membentuk jiwa sosial seorang Mahasiswa.
Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen  Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”

KKN adalah kegiatan yang sangat penting bagi Mahasiswa. Karena setalah selesai kuliah seorang mahasiswa bakal kembali ke masyarakat. Dengan kegiatan ini mahasiswa siap jika ke depannya ia kembali ke masyarakat serta tentunya dapat berguna bagi masyarakat. Bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa sangat beragam. Tergantung dari jurusan serta jenis KKN yang di ambil. Namun, terlepas dari itu tujuannya tetap sama yaitu berbaur serta dapat menyelesaikan persoalan dalam masyarakat. 

Pengalaman saya dalam KKN status kita sebagai Mahasiswa membuat masyarakat beranggapan Jika kita tahu bakal segala hal. Maka dari itu kita di tuntut buat siap menghadapi segala hal yang ada di masyarakat. Sebagai mahasiswa kita perlu menjadi problem solver atau orang yang dapat menyelesaikan masalah serta memberikan solusi bakal masalah.

Pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx” yang adalah salah satu hal penting jika mau mengikuti KKN. Baik langsung saja simak di bawah ini.

PROPOSAL

KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK


Penguatan Sistem Informasi serta Pengelolaan Admistrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur

Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen  Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”




DESKRIPSI KEGIATAN

A. Tema

Penguatan Sistem Informasi serta Pengelolaan Admistrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur

B. Lokasi

Lokasi kegiatan KKN Tematik ditentukan berdasarkan hasil survei pendahuluan bertempat di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

C. Tema

1. Tema Umum
Penguatan Sistem Informasi serta Pengelolaan Admistrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur

2. Tema Khusus
2.1. Pengembangan Sistem Informasi Desa Dan Pengolahan Sistem Administrasi.
2.2. Pemanfaatan Sistem Informasi Sebagai Media Informasi Dan Pembelajaran Fisika.
2.3. Pengenalan Dan Penerapan Sistem Informasi Dalam Pengembangan Di Bidang Pertanian.
2.4. Pengenalan Hukum Dan Etika Dalam Penggunaan Sistem Informasi Dan Media Sosial.

D. Latar Belakang

Mahasiswa ialah bagian dari masyarakat intelektual yang ada dinegeri ini, diharapkan mampu memberi andil dalam pembangunanbangsa serta negara. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah mata kuliah intrakurikuler yang diselenggarakan oleh akademik di seluruh perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tujuan meningkatkan kemampuan serta wawasan mahasiswa sebagai bekal hidup di masyarakat setelah lulus studi.

Pada dasarnya KKN adalah bentuk pengabdian nyata seorang mahasiswa kepada masyarakat yang sebenarnya. Beberapa aspek yang diperhatikan dalam pelaksanaan KKN adalah, Pertama keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat. Kedua ialah pendekatan interdisipliner serta komprehensif yang artinya KKN bertolak dari permasalahan nyata masyarakat yang didekati menggunakan segala ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni yang sudah, sedang, serta atau bakal dipelajari. Ketiga ialah lintas sektoral. Keempat dimensi, luas, serta pragmatis. Kelima ialah keterlibatan masyarakat secara aktif. Yang Keenam ialah keberlanjutan serta pengembangan. Ketujuh ialah bertumpu pada sumber daya lokal.

Desa Danger, Kecamatan Masbagik dibentuk oleh delapan dusun yaitu : Dusun Danger Utara, Dusun Danger Selatan, Dusun Bengkaung, Dusun Peresak, Dusun Montong Sager, Dusun Montong Agung, Dusun Repok Raden, Dusun Semat, serta Dusun Jontak. Desa ini adalah desa dengan mayoritas masyarakat tingkat ekonomi menengah ke bawah yang sebagian besar mata pencahariannya di bidang pertanian. 

Berdasarkan hasil observasi pada langkah survei awal terdapat satu hal yang perlu dikembangkan yaitu penguatan sistem informasi serta pengelolaan administrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur. Sistem informasi adalah bagian enggak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam bagian ketiga Undang-Undang Desa pasal 86 tentang sistem informasi pembangunan desa serta pembangunan kawasan pedesaan jelas disebutkan Jika desa berhak mendapatkan akses informasi lewat sistem informasi. Melalui sistem informasi ini banyak manfaat yang dapat diperoleh, diantaranya kantor desa lebih efisien serta efektif, pemerintah desa lebih transparan serta akuntabel, layanan publik lebih baik, serta warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa.

Berdasarkan uraian di atas, KKN yang adalah program Pengabdian Pada Masyarakat oleh Universitas Mataram yang bersifat Tematik (KKN Tematik) sangat relevan diadakan di desa tersebut. KKN Tematik UNRAM Tahun 2017 di Desa Danger ini diharapkan mampu menjadi sarana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam memanfaatkan sistem informasi desa. Untuk mewujudkan hal tersebut bakal dilakukan beberapa langkah strategis diantaranya pengembangan sistem informasi desa serta pengelolaan sistem informasi desa, pemanfaatan sistem informasi sebagai media pengembangan serta pembelajaran fisika, pengenalan serta penerapan sistem informasi dalam pengembangan di bidang pertanian. tidak cuma itu masyarakat juga dapat memahami hukum-hukum serta etika dalam penggunaan sistem informasi serta media sosial. Diharapkan dengan langkah – langkah tersebut masyarakat Desa Danger merasakan manfaat dari penguatan sistem informasi serta pengelolaan administrasi.


Download Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”


Itulah artikel tentang Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat buat Anda. Terima kasih telah berkunjung serta selamat menjalankan kegiatan KKN. Semangat serta semoga KKNnya berjalan dengan lancar.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Proposal Kkn Tematik Lengkap Dengan File Dokumen “Docx”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel