Penyebab Serta Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet Serta Program Not Responding

Penyebab serta Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet serta Program Not Responding. Apa penyebab laptop atau komputer Kalian hang serta bagaimana cara mengatasi laptop/komputer yang not responding. Apakah Kalian mempunyai sebuah komputer ? atau Apakah Kalian setidaknya mempunyai Laptop ? apabila ia, pertanyaannya pernahkah laptop atau komputer Kalian mengalami masalah (Hang) ?. Hang yakni sebuah istilah yang diberikan saat Software atau aplikasi pada komputer/laptop Kalian berhenti bekerja. Atau Kalian melihat notifikasi Not Responding Program. Maka pada kesempatan kali ini kami bakal membahasa penyebab serta cara mengatasinya.

 Penyebab serta Cara Mengatasi Komputer Hang Penyebab serta Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet serta Program Not Responding

Bagaimana cara mengatasi laptop yang Hang atau lag tanpa perlu di restar terlebih dahulu. apabila laptop atau komputer Kalian mengalami masalah saat tengah dioperasikan. Misalkan mouse serta kursor tak bisa bergerak, tak bisa masuk ke Windows, baru menjalankan aplikasi langsung hang serta lain sebagainya.

Apakah Kalian tahu apa penyebab sebenarnya ? Sebelum Kalian mengambil tahap buat memperbaikinya, tentu saja ada baiknya Kalian mengetahui apa penyebab masalah laptop Kalian yang Not Respnding bisa terjadi. Pada kesempatan kali ini saya bakal menyatakan penyebab serta cara mengatasi laptop atau komputer yang hang pada sistem operasi Windows.

Secara umum PC atau laptop Kalian bakal sering mengalami masalah macet atau not responding apabila Kalian terlalu sering menjalankan program yang berat. Contohnya saat Kalian sering menggunakan laptop atau komputer buat bermain game berat seperti game PUBG. Persoalan ini bakal menyebabkan performa laptop lama kelamaan bakal berkurang. Bahkah hal ini dapat menyebabkan baterai laptop bakal drop. tidak cuma itu program yang berat bakal menyebabkan komponen-komponen penting bakal bekerja lebih ekstra.

Komponen-komponen penting tersebut di antaranya yakni CPU, VGA serta RAM. apabila Kalian tak mempunyai komponen pendingin yang baik, maka komponen penting tersebut bakal menjadi panas. Sehingga tak heran laptop/PC Kalian bakal menjadi Lemot serta Not Responding. Terlebih lagi jika Kalian sering menggunakan Laptop buat bermain game, baik online maupun offline. apabila Kalian baru mengetahui hal tersebut. maka perhatikan pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Hang yakni suatu keadaan dimana komputer ataupun program pada komputer tak dapat berjalan atau berhenti bekerja. Keadaan ini baik berhenti dengan cepat (sesaat) ataupun berhenti secara total (tidak dapat berjalan lagi). Hang sangat akrab diketahui dengan sebutan Not Responding. Lalu apa saja penyebab Not Responding ini dapat terjadi serta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab serta Cara Mengatasi Komputer Hang

Ada banyak sekali penyebab sebuah laptop atau komputer menjadi Not Responding. Penyebab ini bisa saja terjadi pada bagian Hardware ataupun Software komputer. Berikut bakal kami jelaskan penyebab serta cara mengatasi Laptop/PC yang suka lemot, Hang serta Not Responding.

1. CPU Komputer Panas.

Penyebab laptop Not Responding yang pertama yakni sistem pendingin pada CPU tak bekerja dengan baik. Entah sebab sistem pendingin yang kurang bagus atau sebab sistem pendingin telah rusak. Untuk mengatasi masalah ini maka yang dapat Kalian lakukan ada dengan membersihkan fun/kipas serta heatsink (logam pendingin) serta Kalian bisa menambahkan komponen pendingin pada body prossecor serta heatsink.

Persoalan ini penting dilakukan, sebab CPU yakni bagian yang sangat penting buat tetap menjaga suhu agar tetap stabil serta tak over. Lakukan perawatan pada CPU Kalian agar suhu serta performa CPU tetap terjaga sehingga tak gampang mengalami panas saat CPU serta GPU tengah bekerja (atau laptop tengah Kalian gunakan). apabila CPU Panas maka laptop bakal lemot serta mengakibatkan program yang dijalakan menjadi Not Responding.

2. HardDisk Low Space

Adalah sebuah keadaan dimana laptop atau komputer Kalian hampir penuh. Penuhnya HardDisk dapat memperburuk performa laptop Anda. tidak cuma itu komputer atau laptop bakal menjadi berat serta lemot. Bahkan yang parahnya bakal berimbas pada Not Responding sebuah program saat dijalankan. Oleh sebab itu penting bagi Kalian buat memperhatikan HardDisk Kalian agar tak penuh (ditandai dengan warna merah pada HardDisk). 


Untuk mengatasi masalah ini maka Kalian bisa mengupgarad atau mengganti HardDisk laptop Kalian ke SSD. apabila tak maka Kalian bisa menghapus file-file yang tak penting pada HardDisk. tidak cuma File yang tak penting, Kalian juga bisa menghapus semua program yang Telah tak penting serta tak digunakan lagi, hal ini buat memberikan Ruang Pada HardDisk. Jangan biarkan Recycle Bin Kalian penuh. Karena Recycle Bin juga mengambil Ruang Pada HardDisk buat tempat penyimpanan sampah sementara.

Mungkin ada baiknya Kalian membeli HardDisk eksternal buat menyimpan file-file penting serta berukuran besar seperti file video. Kalian bisa membeli HardDisk dengan kapasitas minimal 500GB buat membantu mengurangi beban file pada HardDisk Internal. Dengan demikian maka performa laptop Kalian menjadi lebih baik serta tak lemot.

3. RAM Low Space

RAM (Random Access Memory) yakni sebuah komponen Hardware komputer/laptop yang berfungsi buat menyimpan data (sementara) serta mermacam macam instruksi program. Artinya setiap program yang berjalan di latar balik bakal disimpan sementara di memori ini. Ketika program atau instruksi-instruksi yang berjalan terlalu banyak serta melebihi kapasitas memori RAM, maka bakal menyebabkan laptop/komputer menjadi Hang.

Solusi agar Laptop tak Hang saat dijalankan, maka jangan menjalankan program yang banyak secara bersamaan. Terlebih lagi saat program yang Kalian jalankan sangat besar serta menyita banyak memori RAM. Contohnya saat Kalian bermain game PC PUBG, buat menghindari laptop hang saat bermain maka matikan semua program yang tak penting terlebih dahulu. Persoalan ini bertujuan buat memberikan space yang lebih besar pada RAM buat menjalankan program berat.

apabila RAM Kalian di kalau 4GB serta laptop/komputer Kalian mempunyai lebih dari satu selot RAM, maka Kalian bisa memilih opsi menambah RAM buat meningkatkan kapasitas. Atau jika tak maka mengupgrad RAM menjadi 4GB atau lebih. apabila Kalian yakni seorang yang bekerja pada bidang desain, animasi, pemrograman ataupun gamers. Maka minimal RAM laptop Kalian buat trand saat ini yakni 8GB. Namun, sejatinya jika Kalian seorang gamers menggunakan RAM 8GB barangkali masih kurang cukup, seorang gamers barangkali membutuhkan RAM hingga 16 GB atau lebih.

Untuk mengupgrade RAM tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, buat dapat menjalankan program besar agar tak Non Responding maka ini yakni kebutuhan. Terlebih lagi jika Kalian membutuhkannya sebab profesi Kalian yang membutuhkan RAM yang besar.

4. Kekurangan Daya

Persoalan ini barangkali sangat jarang terjadi, tetapi jangan dianggap enteng. Gejala yang timbul saat komputer kekurangan Daya yakni melemahnya prosesor saat dijalankan. Untuk mengatasi masalah ini yakni dengan cara mengganti power supply komputer atau laptop Anda. Kekurangan Daya pada komputer barangkali tak menyebabkan komputer Kalian mati secara total. Namun, kekurangan daya bakal menyebabkan kurangnya performa laptop Anda. Persoalan inilah yang bakal membuat komputer Kalian menjadi lemot serta hang.

5. Serangan VIRUS yang Membandel

Laptop yang terserang oleh Virus bukanlah hal yang baru. Ini yakni hal yang lumrah serta sering terjadi pada sebuah laptop/komputer. Terlebih lagi jika tengah menggunakan Windows bajakan serta aplikasi-aplikasi bajakan lainnya. Pada dasarnya Software bajakan tersebut mempunyai virus yang dibuat agar laptop Kalian tak terdeteksi bajakan. Virus ini terkadang dapat membahayakan laptop Anda. Maka buat mengatasi masalah ini Kalian perlu melakukan update antivirus serta melalukan proses scanning secara menyeluruh. Gunakanlah Software yang dapat membersihkan virus serta menjangkau virus yang menyerang sistem komputer.


tidak cuma itu virus yang menyerang komputer juga bisa didapat saat Kalian tengah Browsing. Untuk mencegah serangan virus saat Browsing ataupun mau mendownload file di Google. Terutama web yang mempunyai banyak sekali iklan jika ada notifikasi Allow atau Deny malka pilih saja Deny.

apabila Kalian tengah download sebuah file serta nama file serta ukuran file tersebut tak sama dengan yang tertera pada keterangan download maka jangan lanjutkan download bahkan jangan sampai di instal. Pilihlah server download Google Drive jika ada buat mendownload file. Persoalan ini sebab Google Drive dapat melakukan proses scan Virus.

6. Koneksi LAN Error

Saat Kalian menghubungkan laptop ke jaringan Internet, kadang kala laptop atau komputer Kalian menjadi lemot saat mengakses data pada komputer lain  serta lama kelamaan laptop Kalian menjadi Hang atau Not Responding. Untuk mengecek apakah laptop atau komputer Kalian hang sebab koneksi jaringan (LAN), maka lepas terlebih dahulu kabel jaringan pada komputer Anda. kemudian silahkan jalankan komputer seperti biasa tanpa terkoneksi internet. Apabila semua berjalan normal serta laptop Kalian tak lemot. Maka dapat dikonfirmasi penyebab laptop/komputer Kalian lemot yakni koneksi jaringan (LAN).

Ada beberapa cara buat mengatasi Koneksi LAN Error di antaranya yakni dengan memastikan kabel konektor telah terpasang dengan benar, gunakan perintah ping buat memeriksa koneksi jaringan serta lakukan reset pada hub (switch) LAN dengan cara mencabut kabel power Hub/Switch kemudian tunggu beberapa saat serta sambungkan kembali.

7. File Data Software Rusak atau Hilang

Ketika kita menginstal sebuah Aplikasi/Software apa pun itu, maka kita melakukan proses ekstrak dari file tersebut pada Directory Lokasi instal. Kemungkinan terjadinya file yang hilang atau rusak bisa saja terjadi. Persoalan ini bakal mengakibatkan program bakal menjadi Not Responding saat dijalankan. Untuk mengatasi masalah ini, maka pastikan pada saat proses penginstalan telah sampai 100% atau Finis. Kalian juga bisa mengambil solusi buat meng-uninstal aplikasi tersebut kemudian menginstalnya kembali.

Itulah artikel tentang Penyebab serta Cara Mengatasi Komputer/Laptop Hang, Lemot, Macet serta Program Not Responding. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda. Semoga dengan informasi ini Kalian bisa mengetahui penyebab serta cara mengatasi komputer/Laptop Kalian yang Not Responding. Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih serta sampai jumpa kembali.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Serta Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet Serta Program Not Responding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel