Dampak Positif Serta Negatif Teknologi Informasi Serta Komunikasi Online Ketika Ini

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online. Dunia internet adalah salah satu media tersebarnya sebuah informasi secara cepat. tidak cuma itu dengan internet seseorang dapat melakukan komunikasi lebih gampang lagi serta cepat. Ada banyak hal positif yang bisa Kalian per oleh di internet, tetapi dibalik itu dampak negatif dari internet juga ada.
Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online Saat Ini

Dampak positif serta Negatif dari internet tergantung dari setiap individu. Ketika individu tersebut dapat menggunakan internet dengan sangat bijak serta terarah maka ia bakal mendapatkan manfaat dampak positif internet. Sebaliknya jika digunakan dengan tak bijak, maka bakal menimbulkan dampak negatif bagi darinya serta orang lain.

Baca Juga : 5 Penyebab WhatsApp Web Sulit Terkoneksi dengan Smartphone serta Cara Mengatasinya

Ada banyak sekali Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Internet. Pada kesempatan kali ini saya bakal membahasnya secara lengkap tentang kedua hal tersebut. Untuk tak memperpanjang kata mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Positif Teknologi Informasi serta Komunikasi


Perkembangan teknologi dalam dunia informasi serta komunikasi tentu saja mempunyai dampak yang positif bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi ini dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia yang dulunya begitu lama. Contohnya saja dampak teknologi dalam media penyampaian pesan (Surat). Dengan surat berbasis elektronik orang dapat mengirim surat kapan saja serta dimana saja. Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang dampak positif perkembangan teknologi informasi serta komunikasi.

1. Mempermudah Orang Untuk Mendapat Informasi Yang Cepat

Dengan perkembangan Teknologi Informasi serta Komunikasi, sekarang setiap individu manusia dapat memperoleh informasi dengan cepat. Melalui telepon genggam yang terkoneksi dengan internet maka akses informasi serta penyebaran informasi dapat dilakukan cuma memerlukan waktu beberapa detik saja. Semua informasi mengenai pendidikan, suasana politik saat ini, teknologi terbaru, masalah & solusi semua tersedia di internet.

Internet yakni salah satu media penyebar informasi serta komunikasi yang sangat cepat. Perkembangan teknologi berbasis Online ini membuat setiap orang gampang mendapatkan informasi. apabila dulu seorang anak mau mengirim surat ke ibunya atau sebaliknya, maka membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu buat bisa sampai.

Namun, tak buat saat ini. Kalian bisa mengirim, mengetahui serta memberi kabar kepada orang tua Kalian secara cepat. Bahkan Kalian bisa mendengar suara serta melihat wajahnya secara langsung. Media sosial yakni salah satu media yang menjembatani penyebaran pesan berupa informasi ini.

Ingat saat Kalian di kelas atau mempunyai sebuah komunitas, setiap kali ada informasi terbaru yang penting buat grup tersebut maka Kalian bisa menyebarkan dengan sangat cepat lewat grup WA, FB, Line serta yang lainnya. Contohnya saja sekarang informasi mengenai pekerjaan serta beasiswa sering sekali saya per oleh dengan gampang dari grup WA. tidak cuma itu grup tersebut sering sekali digunakan oleh pelajar buat sharing materi serta diskusi.

Perkembangan teknologi informasi serta komunikasi membuat Kalian bisa memperoleh informasi mengenai sebuah materi tertentu terkait pendidikan. Dengan memanfaatkan mesin pencarian Kalian bisa mencari informasi apa saja yang Kalian inginkan bisa diperoleh dengan mudah. Kalian bisa memperoleh informasi tersebut lewat jurnal, video pembahasan di Youtube serta grup belajar Online.

Nah, dengan perkembangan teknologi serta komunikasi berbasis Online sekarang membuat orang gampang serta cepat buat memperoleh informasi. Entah lewat sharing grup atau lewat search Google. Oleh sebab itu tak ada alasan bagi semua orang buat tak memperoleh informasi, kecuali Kalian enggan buat mencari tahu. Enggan mencari tahu informasi saja, kita masih bisa dapat info dari sharing teman grup WA apa lagi jika kita mencari tahu. Maka Kalian bakal memperoleh begitu banyak informasi.

2. Dapat Mengetahui Informasi Tentang Negara Luar

Perkembangan teknologi informasi serta komunikasi sekarang dapat membuat kita mengetahu informasi lengkap tentang sebuah tempat atau negara. Dengan memanfaatkan internet maka sekarang juga Kalian bisa tahu mengenai tempat kuliah, wisata serta kuliner terbaik serta situasi sebuah negara.

Contohnya : apabila Kalian mau berlibur ke tempat wisata terbaik di “New Zealand”. Maka Kalian bisa memanfaatkan mesin pencarian Google buat mengetahu tempat wisata terbaik di New Zealand. Dengan demikian maka Kalian tak perlu menghabiskan waktu buat bertanya-tanya saat Kalian di sana. tidak cuma itu Kalian juga bisa lebih mempersiapkan apa saja yang diperlukan saat Kalian berlibur di sana. Kalian juga bisa memperoleh informasi mengenai kira-kira Budget yang perlu Kalian keluarkan saat berlibur.

Contoh lainya yakni Kalian bisa memperoleh informasi tentang kampus terbaik di sebuah negara yang Kalian inginkan serta bagaimana cara agar Kalian bisa masuk ke kampus tersebut. Segala syarat serta ketentuan buat daftar ke kampus tersebut dapat Kalian per oleh secara Online. Kalian juga bisa mencari tahu apakah ada beasiswa yang bisa Kalian kejar buat bisa kuliah di sana.

Begitu banyak informasi tentang negara luar yang bisa Kalian per oleh cuma lewat HP android Anda. Informasi ini bakal lebih mengefisiensikan waktu serta dana selain itu dapat membuat Kalian lebih siap lagi. Jadi, siahkan manfaatkan teknologi informasi Online buat memperoleh informasi negara luar yang Kalian inginkan.

3. Teknologi Informasi serta Komunikasi sebagai Media Belajar Individu

Dampak perkembangan teknologi informasi serta komunikasi dalam dunia internet membuat Kalian dapat mempelajari segala sesuai secara individu dari informasi yang diberikan oleh orang lain. Kalian bisa mengasah kemampuan yang diminati dengan belajar lewat artikel, tutorial serta video Youtube. Ada banyak sekali orang yang berbagi ilmu di internet. Ilmu yang dibagikan sangat beragam serta dapat dikategorikan per bidang. Ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh semua orang buat belajar serta mengasah keahlian pada bidang yang Kalian minati.

Contohnya saat Kalian mau belajar tentang desain Grafis. Maka Kalian bisa belajar secara otodidak lewat artikel serta video tutorial. Tutorial tersebut dapat Kalian per oleh dengan gampang di Youtube, blog ataupun Website. tidak cuma itu Kalian juga bisa mendownload Ebook-Ebook yang dibagikan oleh orang secara gratis.

Mungkin Kalian pernah mendengar tentang berita viral Putra Aji Adhari seorang anak SMP yang dapat membobol situs Nasa di Amerika. Berdasarkan hasil wawancara telah dikenal kalau anak ini belajar tentang cara bahasa pemrograman secara otodidak lewat internet. Dia mempelajari tentang Bug serta telah menjadi “Bug Hunter (pemburu error pada suatu sistem). Yang dilakukan oleh anak ini yakni melihat sistem keamanan dari sebuah situs serta menutup Bug-Bug yang berpotensi kebocoran atau melaporkannya kepada pihak terkait.

Nah, hal ini membuktikan kalau internet dapat Kalian manfaatkan buat memperoleh informasi buat mengasah keahlian yang Kalian minati. Masih banyak lagi orang-orang yang hebat dengan cuma belajar secara otodidak lewat internet. Jadi, tak ada alasan bagi Kalian buat tak belajar serta kekurangan materi dalam belajar.

4. Sebagai Media Bisnis

Teknologi informasi serta komunikasi juga dapat Kalian manfaatkan sebagai media buat membangun bisnis. Ada banyak bisnis dalam dunia internet yang dapat Kalian jalankan. Mulai dari jual beli Online, sebagai partner dalam program afiliasi, serta menyediakan informasi kepada orang lain pun bisa dijadikan sebuah bisnis (misalnya membangun situs atau blog berbagi informasi serta bekerja sama dengan program iklan). Media bisnis Online telah dilirik oleh para pebisnis sebab perkembangan pengguna internet yang santa pesat.

tidak cuma itu peminat serta tingkat kepercayaan orang terhadap belanja Online kian bagus. Artinya internet yakni salah satu sumber pasar yang bida dimanfaatkan buat menjual serta mempromosikan produk. Contohnya saja pelaku bisnis jual beli Online yaitu tokopedia.com, bukalapak.com, shopee.co.id serta masih banyak lagi yang telah meraih kesuksesan besar dengan memanfaatkan teknologi internet.

Teknologi Informasi serta Komunikasi sebagai mendia penyebaran informasi juga dimanfaatkan oleh para blogger. Para blogger memberikan informasi yang bermanfaat kepada para pembaca serta menarik banyak orang pengunjung buat membaca. Setelah itu para blogger memanfaatkan program pengiklanan sebagai salah satu sumber bisnis.

Masih banyak lagi manfaat dari perkembangan teknologi serta informasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media bisnis Online. Di zaman ini bisnis Online menjadi Trand baru dalam dunia bisnis. Oleh sebab itu manfaatkanlah internet dengan baik agar Kalian bisa membangun bisnis.

5. Media Shering Data

Manfaat perkembangan teknologi informasi serta komunikasi online lainnya yakni sebagai media buat shering file atau data. Dengan menggunakan media online maka Kalian bisa mengirim file kepada teman Kalian dengan cepat serta mudah. Kalian bisa memanfaatkan Google Drive buat mengirim file berukuran besar. Dan menggunakan email serta sosial media lainnya buat mengirim file kapasitas kecil seperti foto.

6. Teknologi Informasi serta Komunikasi Online Sebagai Media Hiburan

Dengan memanfaatkan internet maka Kalian bisa mendapatkan hiburan secara gratis. Kalian bisa memperoleh hiburan melalu sosial media seperti Youtube buat menonton video-video yang lucu serta menghibur. Kalian juga bisa mendapatkan hiburan dengan mendengarkan musik serta bermain game secara online. Dengan demikian Kalian bisa memperoleh hiburan secara gratis kapan saja serta dimana saja Kalian inginkan. Kalian bisa mengisi waktu luang dengan memanfaatkan internet sebagai mendia hiburan buat menghilangkan rasa cape serta stres selama bekerja.

Hiburan terbukti menjadi obat yang sangat ampuh buat menghilangkan stres. Ketika Kalian terhibur serta suasana hati yang senang bakal membuat Kalian lebih rileks serta menurunkan tingkat stres. tidak cuma itu rasa penat bakal hilang saat Kalian terhibur serta tertawa setelah menonton video-video lucu. Oleh sebab itu manfaatkan internet sebagai media buat Kalian mendapatkan hiburan secara gratis di waktu luang.

Dampak Negatif Teknologi Informasi serta Komunikasi


tidak cuma mempunyai dampak yang positif, ternyata Teknologi Informasi serta Komunikasi Online juga dapat memberikan dampak yang buruk. Persoalan ini tentu saja terjadi saat kita tak bisa serta bertanggung jawab dalam menggunakan internet sebagai media informasi serta komunikasi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi kepada tentang apa saja dampak buruk dari teknologi informasi serta komunikasi Online saat tak bijak dalam penggunaannya.

1. Mudah Beredarnya Informasi Hoax

Karena internet yakni salah satu media tersebarnya informasi dengan cepat. Maka hal ini tak jarang digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Melalui internet berita fakta serta Hoax dapat tersebar dengan cepat. Kadang informasi fakta serta Hoax tak dapat dibedakan. Sehingga membuat orang cepat percaya bakal berita tersebut tanpa tahu banar atau salah. Persoalan ini tentu saja meresahkan banyak orang. Karena dengan penyebaran Kabar Hoax atau berita yang tak benar dapat mengakibatkan perpecahan.

Terlebih lagi banyak orang yang mempercayai berita atau informasi begitu saja tanpa melihat dari mana informasi itu berasal. Melalui akun mendia sosial seperti Facebook, WA, Line, serta Instagram berita tersebut disebarkan dengan sangat mudahnya. Oleh sebab itu, kita sebagai jangan cepat percaya dengan sebuah informasi sebelum mencari tahu sumber dari informasi tersebut.

2. Mudahnya Penyebaran P0rn0gr4fi

Internet yakni tempat penyebaran P0rn0gr4fi terbesar. Persoalan ini tentu saja adalah salah satu dampak buruk dari internet. Situs-situs P0rn0gr4fi dapat di akses oleh semua orang dengan sangat mudahnya. Meskipun sekarang Google telah menggunakan sistem buat menolak kata kunci P0rn0gr4fi tetapi masih saja ada celah bagi orang buat mengaksesnya.

Penyebaran P0rn0gr4fi di internet menimbulkan dampak yang beruk terhadap pelajar terutama pelajar yang masih di bawah umur. Dampak yang dirasakan oleh para pelajar yang sering mengakses P0rn0gr4fi di internet yakni berkurangnya daya serap serta daya ingat terhadap mata pelajaran. tidak cuma itu juga dapat mengurangi tingkat fokus terhadap materi yang diajarkan. Persoalan ini tentu saja bakal berpengaruh pada menurunnya tingkat prestasi siswa.

tidak cuma itu siswa yang sering menonton Video P0rn0gr4fi dapat mengubah perilaku sosial. Tentu Kalian sering sekali mendengar berita di TV tentang seorang siswa yang melakukan tindakan pelecehan. Persoalan ini tentu saja adalah dampak buruk dari P0rn0gr4fi. Dengan polos serta rasa mau tahunyanya seorang siswa terdorong melakukan hal tersebut.

3. Membuat Kecanduan Terhadap Game Online

Lupa waktu sebab telah kecanduan bermain Game Online adalah dapat negatif dari internet. Seorang pencinta game Online rela menghabiskan waktu serta uangnya buat dapat bermain game online. Kadang rasa buat melakukan hal lain menjadi lebih malas. Parahnya lagi akibat Game Online membuat orang terkadang lebih memilih bermain Dibanding sarapan serta makan. Sehingga tak jarang pola maka bakal berubah-ubah tergantung. Tentu saja ini bakal berdampak buruk bagi kesehatan.

Bagi seorang siswa yang telah kecanduan Game Online, baginya game lebih penting didahulukan Dibanding mengerjakan tugas. Sehingga tak jarang tugas yang seharusnya diselesaikan terbengkalai begitu saja. Waktu buat belajar pun tak disisihkan, hal ini tentu bakal membuat prestasi seorang siswa bakal menurun. Bermain Game Online memang tak salah. Namun saat tak di lakukan serta disalurkan dengan benar serta lupa waktu maka hasilnya bakal salah.

4. Mengurangi Minat Belajar Pada Siswa

Dampak buruk internet berikutnya yakni mengurangnya minat belajar siswa. Dua di antaranya telah saya sebutkan di atas, yaitu kecanduan game serta P0rn0gr4fi. Internet memang menawarkan banyak hal yang menarik bagi seorang siswa. Media sosial menjadi salah satu daya tarik dari internet. Banyak siswa yang menghabiskan waktu buat mengakses sosial media seperti Facebook, WA, Line serta Instagram setiap harinya. Entah itu cuma sekedar berbagi status, foto ataupun melihat foto serta status orang lain. Kadang aktivitas di sosial media dapat membuat seseorang lupa bakal waktu. Bukan terasa waktunya yang berjam-jam telah ia habiskan.

5. Menyebarnya Penipuan serta Akun Palsu

Kemudahan dalam membuat akun sosial media serta tanpa batas penggunaan, membuat orang yang tak bertanggung jawab melakukan penipuan menggunakan akun-akun palsu. Bukan jarang akun-akun palsu tersebut menggunakan data pribadi orang lain buat menipu seseorang. Bukan terlepas dari akun palsu yang mengatas namakan instansi, teman dekat atau figur tertentu yang membuat Kalian cepat bakal percaya. Kabar tentang penipuan online sangat banyak terjadi.

Akun palsu juga sering digunakan buat menipu seseorang dengan menggunakan foto perempuan cantik atau laki-laki ganteng buat menari perhatian. Maka dari itu Kalian perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan lupa juga buat mengatus informasi pribadi pada akun Kalian menjadi privasi agar orang lain tak menyalah gunakannya.

6. Mengurangi Interaksi Sosial dalam Dunia Nyata

Keseringan melakukan interaksi dalam dunia maya membuat seseorang lebih suka berkomunikasi dalam dunia maya dibanding nyata. Persoalan ini membuat seseorang menjadi pendiam saat berada dalam interaksi sosial dalam dunia nyata. Karena kurang terlatih dalam melakukan interaksi sosial. Mungkin Kalian pernah alami saat teman-teman Kalian mengajak buat kumpul reuni, yang terjadi yakni waktu komunikasi atau mengobrol bersama cuma 5 menit selebihnya cuma foto-foto berjam-jam. Kemudian menguploadnya di sosial media indahnya kebersamaan. Kan aneh, harusnya mengobrol berjam-jam menanyakan ini itu serta berfoto 5 menit malah yang dilakukan yakni kebalikannya.

7. Terpapar Radiasi Yang Berlebih dalam Penggunaan Smartphone

Dampak negatif yang paling sering Kalian dapatkan saat terlalu sering bermain Smartphone buat berinternet serta bermain game yakni terkenanya Radiasi Smartphone yang berlebihan. Radiasi ini tentu saja bakal membahayakan mata Kalian serta syaraf yang ada pada bagian wajah. Karena yang paling sering terkena radiasi Hp yakni bagian wajah. Performa mata Kalian bakal menjadi berkurang. Terlebih lagi jika Kalian melakukan secara intensif di tempat gelap. apabila wajah kita terlalau sering terkena radiasi, maka tak jarang wajah kita bakal terlihat lusuh. Oleh sebab itu gunakan Hp dengan bijak serta seperlunya saja.

Baca Juga : Cara Transfer Uang Menggunakan BTN Mobile ke Sesama serta Bank Lain

Itulah artikel tentang Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online Saat Ini. semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda. Kesimpulannya : Dampak positif serta negatif internet bakal tergantung dari setiap individu yang menggunakannya. Gunakanlah teknologi informasi serta komunikasi Online secara bijak. Dengan demikian maka bakal banyak sekali manfaat yang bisa Kalian per oleh.

Belum ada Komentar untuk "Dampak Positif Serta Negatif Teknologi Informasi Serta Komunikasi Online Ketika Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel