5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Buat Menjadi Programmer Profesional

5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional. Ketika kita mau membangun sebuah website maka penting bagi kita buat sedikit memahami perihal coding. Meskipun Ente membuat sebuah website menggunakan platform blogger.com atau dengan cara instan yaitu menginstal WordPress serta enggak permu memahami coding ketika melakukannya. Namun buat perihal kedepannya Ente memahami coding ialah hal yang penting serta bakal sangat bermanfaat buat perkembangan website.
 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional 5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional

Dengan memahami sedikit tentang ilmu coding maka Ente dapat mengelola website tersebut menjadi lebih profesional. Perkara ini bisa membuat Ente menjadi lebih hemat, karna enggak lagi memerlukan jasa website developer buat membantu mengelola serta mengembangkan website. Ketika Ente membuat sebuah website menggunakan sebuah platform seperti Website Builder (alat pembuat website) serta Ente merasa hasilnya kurang memuaskan, maka dengan kemampuan coding yang Ente miliki dapat membantu Ente buat mengeksplorasi website tersebut serta membuatnya menjadi apa yang Ente inginkan.


Saat ini belajar coding sangat mudah, dimana saja serta kapan saja. apabila Ente lagi enggak mempunyai uang buat les privat coding maka Ente bisa belajar coding secara gratis. Ada banyak sekali website-website yang menyediakan materi seputar coding website serta dapat Ente akses secara gratis. Apa saja website tersebut, mari simak pembahasan berikut ini.

5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional


Code Academy

Dengan jumlah pengguna yang telah mencapai lebih dari 24 Jt User, Code Academy Dapat dikatakan sebagai salah satu website yang memberikan banyak sekali manfaat bagi orang banyak buat memahami dunia coding secara gratis. Ente cuma perlu mendaftar menggunakan Email saja serta enggak ribet.

Pada website Code Academy, Ada banyak sekali bidang atau kategori materi yang dapat Ente pelajari di sana. Materi yang disediakan mulai dari materi pemrograman buat pemula (programming for beginner) sampai materi yang lebih tinggi yaitu bahasa pemrograman pada tingkat yang lebih lanjut.

Code Academy menggunakan metode pembelajaran yang bersifat interaktif. Maksudnya ialah salam proses pembelajaran, Ente enggak cuma belajar mengenai teori melulu, melainkan Ente bisa langsung mengaplikasikan materi yang baru saja Ente pelajari.

Code Academy adalah website belajar coding yang sangat cocok buat pemula, ada banyak kategori serta bahasa pemrograman yang dapat Ente pilih. Di antara kategori materi yang dapat Ente pelajari ialah Full Coding, Web Development, Programing, Data Science, Partnership serta Design. Kemudian bahasa pemrograman yang dapat anda pelajari juga sangat lengkap, yaitu HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, Ruby serta C++.

2. BitDegree

BitDegree ialah salah satu platform edukasi belajar Online berbasis blockchain, ada banyak sekali materi kursus yang di tawarkan BitDegree secara gratis. Kursus online yang ditawarkan BitDegree Bukan cuma sebatas belajar bahasa pemrograman buat membuat website, melainkan juga pemrograman buat Ente yang ingn belajar membuat game (Game Development). Gamification ialah sebutan kursus buat game Development tersebut.

Untuk belajar coding di BitDegree maka Ente cuma perlu mendaftar >> Memilih bahasa serta memilih keahlian yang mau Ente pelajari. Ada banyak sekali piliha bahasa pemrograman yang menarik buat Ente pelajari, diantarnya ialah HTML & CSS, JavaScrip, PHP, SQL serta JQuery. Selama Ente belajar si situs tersebut, BitDegree memberikan sistem Reword serta Achievement buat setiap pengguna yang telah berhasil menyelesaikan kursus yang diambil dengan baik.

Yang menarik ialah BitDegree enggak cuma mengukur seberapa besar keberhasilan yang Ente capai pada bidang kursus yang di ambil. Melainkan pencapaian yang mempunyai Reword yang bagus maka mempunyai kesempatan buat dapat bekerja di perusahaannya.

3. Free Code Camp

Free Code Camp mempunyai keunikan tersendiri serta mempunyai perbedaan metode belajar dengan website coding lainnya yang cuma menyediakan materi tutorial. Free Code Camp menawarkan fasilitas real-life communication serta juga mempunyai sebuah komunitas yang dapat Ente ikuti buat belajar bahasa pemrograman secara langsung. Dengan demikian maka Ente juga dapat berpartisipasi buat aktif dalam berbagi challenge.

Ketika Ente mau mengikuti serta menyelesaikan challenge atau tantangan yang diberikan pada komunitas, Free Code Camp bakal memberikan Ente sebuah link menuju sebuah tutorial serta kursus pemrograman yang sesuai dengan tantangan tersebut buat Ente pelajari terlebih dahulu.

Dengan demikian maka bakal sangat memudahkan Ente buat bisa memahami serta menyelesaikan tantangan yang diberikan. Semakin banyak tantangan yang Ente coba selesaikan, maka bakal makin banyak pula pengetahuan serta pengalaman Ente dalam menyelesaikan problem dalam pemrograman.


4. Codewars

Mirip seperti Free Code Camp, pada website ini Ente dapat belajar mengenai coding atau bahasa pemrograman seperti Python, Ruby, SQL, Java, JavaScript, serta C# dengan cara menyelesaikan mermacam tantangan yang tersedia. Setiap tantangan yang diberikan bertujuan buat mengasah serta meningkatkan kemampuan serta skil pemrograman yang Ente miliki dengan cara menyelesaikan problem dalam bahasa pemrograman tertentu.

Tantangan selanjutnya yang bakal Ente selesaikan mempunyai keterkaitan dengan tantangan berikutnya. Apabila Ente telah berhasil memecahkan tantangan sebelumnya maka tantangan selanjutnya bakal makin menarik serta makin menantang Anda.

Melalui metode belajar menyelesaikan tantangan satu ke tantangan lainnya serta Ente juga dapat melihat perbandingan antara solusi yang Ente berikan dengan solusi yang diberikan oleh pengguna lain. Dengan demikian maka Ente juga dapat mempelajari teknik penyelesaian masalah pemrograman dengan teknik yang beragam buat menyelesaikan setiap permasalahan dalam dunia developer.

5. Code School

Bagi Ente yang masih pemula dalam dunia pemrograman serta mau mempelajari coding secara gratis maupun berbayar. Maka Code School ialah salah satu website yang masuk dalam rekomendasi buat Anda. Website ini telah mempunyai pengguna yang mencapai jutaan orang dari mermacam penjuru dunia.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat Ente pelajari di website Code School. Code School menyediakan materi terkait bahasa pemrograman HTML & CSS, JavaScript Database, Python, iOS, Ruby, Elixir serta PHP. Ada 4 jenis pendekatan yang digunakan dalam kelangsungan proses pembelajaran yang digunakan. Ke 4 jenis proses tersebut meliputi:
  • Pemilihan jalur kursus yang disiapkan serta diimplementasikan langsung oleh para ahli, kemudian mempelajari materi yang disediakan.
  • Untuk mempraktikkan coding, Ente dapat menggunakan browser secara langsung serta Ente enggak perlu menunggu lama buat mendapatkan feedback.
  • Setiap kali Ente menyelesaikan 1 level kursus ke level lain, Ente bakal mendapatkan poin buat setiap materi yang telah Ente pelajari.
  • Untuk mengukur keberhasilan kursus yang telah diambil, dimungkinkan buat memantau langsung dengan laporan dalam bentuk kemajuan serta hasil yang diperoleh.

Kesimpulan

Diera digital seperti ketika ini, Ente dapat mempelajari coding dari mana saja. Ente juga enggak perlu mengambil kuliah Teknik Informatika jika enggak memungkinkan buat Ente bisa belajar coding. Ente bisa belajar Coding secara gratis lewat website-website yang menyediakan materi pemrograman lengkap. Ente bisa mempelajari coding dari website-website tersebut secara otodidak dari pemula sampai menjadi Programmer Profesional.


Itulah artikel tentang 5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. tidak cuma lewat website tersebut Ente juga dapat belajar coding lewat ebook serta video tutorial Youtube. Semua materi tersebut tersedia secara gratis buat Ente pelajari. Jadi enggak ada alasan bagi Ente yang enggak bisa belajar coding karna alasan enggak mempunyai biaya. Cukup sekian informasi kali ini, terima kasih telah berkunjung serta sampai jumpa kembali.

Belum ada Komentar untuk "5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Buat Menjadi Programmer Profesional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel