5 Cara Cek Nomor Imei Hp Samsung Dengan Gampang Serta Apa Fungsinya

Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah serta Apa Fungsinya. Apakah Ente tengah kebingungan mengecek IMEI HP Samsung ? jika demikian maka Ente berada pada artikel yang tepat. Karena pada artikel ini kita bakal membahas mengenai cara cek IMEI HP Samsung Ente dengan mudah. Namun sebelum kita mencek, maka ada baiknya saya terlebih dahulu menyatakan secara rinci tentang apa itu IMEI serta apa fungsinya bagi Anda.
 Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah serta Apa Fungsinya 5 Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah serta Apa Fungsinya

Apakah Ente tahu kalau setiap Smartphone maupun HP konvensional pasti memiliki nomor IMEI. Setiap merk HP baik yang populer maupun yang lokal tentu memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda satu sama lain. Nomor ini terdiri dari 15 sampai 16 digit kombinasi Ente yang memiliki fungsi sebagai metode pengidentifikasian HP yang terdaftar pada operator seluler dari merk HP tersebut. Lalu, bagaimana cara cek IMEI handphone Samsung?. Simak pembahasan berikut ini :

Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu SIM Bukan Cocok pada Mobile Banking BTN Terbaru 2019

Apa Itu nomor IMEI ?

Sebelum kita masuk ke topik pembahasan yaitu cara cek IMEI Samsung. Maka alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu IMEI serta apa fungsi IMEI sehingga pentung buat Ente cek serta ketahui.

IMEI  adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yakni sebuah nomor unik identitas yang dimiliki oleh setiap HP. Nomor unik maksudnya yakni setiap HP memiliki nomor IMEI masing-masing serta berbeda antara satu dengan lainnya. Sehingga bisa saya katakan nomor IMEI yakni nomor identitas HP.

Nomor IMEI terdiri dari 15 sampai 16 digit angkat, yang digunakan oleh sebuah operator seluler buat mengidentifikasi perangkat tersebut telah terdaftar pada jaringan mereka. IMEI dapat menyimpan data-data atau informasi penting dalam suatu handphone layaknya E-KTP.

Saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu IMEI serta juga apa fungsi dari nomor IMEI ini. Bahkan enggak jarang orang mengabaikan nomor IMEI HP mereka padahal nomor ini sangat penting bagi mereka. Seberapa pentingkah nomor IMEI serta apa fungsi dari nomor IMEI. Semak pembahasan berikut ini.

Nomor IMEI berfungsi sebagai pelacak handphone

Apakah Ente tahu kalau nomor IMEI dapat Ente gunakan buat melacak keberadaan HP Anda?. apabila Ente mengetahuinya tentu saja mulai sekarang Ente enggak boleh mengabaikan informasi nomor IMEI HP Anda. Dengan kemampuan nomor IMEI yang dapat melacak keberadaan HP tentu saja ini bakal sangat berfungsi jika HP Ente hilang atau dicuri oleh orang lain.

Bagaimana cara melacak keberadaan HP dengan nomor IMEI ?. caranya yakni dengan mendatangi gerai operator seluler atau HP Ente kemudian berikan nomor IMEI HP Ente beserta dengan nomor kartu SIM HP Ente yang hilang. Dengan kedua informasi tersebut maka operator seluler bakal dengan gampang melacak keberadaan HP Anda. Terlebih lagi jika isi HP Ente penting.

Nomor IMEI berfungsi sebagai bukti Ori sebuah HP

IMEI yakni sebuah nomor identitas sebuah HP yang terdaftar di jaringan penyedia operator seluler. Setiap HP yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan tentu saja memiliki nomor IMEI yang telah terdaftar pada jaringan mereka. Dengan demikian nomor IMEI dapat digunakan apakah HP Ente asli atau tidak. Dengan demikian maka Ente tahu apakah HP yang Ente beli benar-benar keluar dari perusahaan asli atau cuma HP KW. Lantas bagaimana cara mengecek apakah IMEI HP Ente yakni IMEI dari perusahaan asli atau enggak maka silahkan ikuti tahap berikut ini.
  • Buka website “www.imei.info” melalui browser Anda.
  • Masukkan nomor IMEI HP Anda.
  • Klik konfirmasi kalau Ente bukan robot.
  • Klik check.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses check selesai.
  • Maka bakal muncul informasi mengenai HP tersebut dengan merk yang sesuai dengan yang Ente beli.

Nomor IMEI berfungsi sebagai pemberi pengaruh pada sinyal handphone

Yang perlu Ente ketahui yakni secara umum nomor IMEI sangat mempengaruhi sinyal HP Anda. apabila suatu saat nomor IMEI HP Ente hilang, maka aktivitas komunikasi seperti telepon, sms serta koneksi internet bakal lumpuh secara total serta enggak dapat digunakan. Dengan demikian maka HP Ente bakal kehilangan fungsi buat melakukan komunikasi.

Dengan demikian dapat disimpulkan kalau nomor IMEI memiliki fungsi yang krusial serta vital terhadap setiap HP. Oleh karna itu maka pentung bagi Ente buat menyimpan nomor IMEI HP Ente sebagai antisipasi hal buruk ini terjadi.

Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah serta Apa Fungsinya

Setelah membaca pembahasan di atas terkait apa itu IMEI serta apa fungsi IMEI maka saya berharap Ente enggak menganggap sepele dengan nomor ini. Simpanlah nomor IMEI HP Ente dengan aman sebelum nanti terjadi hal yang enggak diinginkan seperti HP Ente hilang atau dicuri. Nah, pada pembahasan berikutnya kita bakal membahas mengenai Cara Cek IMEI HP Samsung. Cara ini pada umumnya juga bisa diterapkan pada HP lain. Ente cuma perlu menyesuaikannya saja. Baik, buat enggak memperpanjang kata mari simak pembahasan cara cek nomor IMEI HP Samsung.

1. Cek IMEI HP Samsung via kode dial

Cara cek IMEI HP Samsung yang pertama yakni melalui kode dial. Cara ini yakni cara yang paling gampang serta simpel buat Ente lakukan. Ente cuma perlu memasukkan kode dial kemudian secara otomatis IMEI HP Ente bakal terlihat. Untuk langkah-langkahnya simak pembahasan berikut ini.
  1. Silahkan Ente buka menu panggilan seperti biasa Ente mau menelepon.
  2. Masukkan atau ketik kode dial Samsung berikut : *#06# >> Cek IMEI HP Samsung Via Kode Dial.
  3. Maka secara otomatis kode MEID & IMEI HP Samsung Ente bakal muncul secara otomatis tanpa perlu Ente menekan tombol panggilan.
  4. Cara cek IMEI handphone Samsung menggunakan kode dial yakni cara yang paling gampang serta sangat direkomendasikan.

2. Cek IMEI HP Samsung via menu settings atau pengaturan

Cara kedua juga sangat gampang serta enggak merepotkan. Untuk mengecek kode IMEI HP Samsung atau HP android lainnya secara umum data dilihat melalui informasi “tentang ponsel” yang Ente di menu pengaturan setiap HP. Nah, terkhusus buat HP Samsung maka Ente bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka menu pengaturan/settings pada HP Samsung Anda.
  2. Scroll ke bawah serta cari serta klik menu “about phone” atau “tentang ponsel” atau “tentang perangkat”. Tergantung dari bahasa serta tipe HP yang Ente gunakan.
  3. Selanjutnya scroll serta cari menu Status >> Informasi IMEI. Dengan demikian maka Ente bakal dapat melihat IMEI HP Samsung Ente secara langsung.

Catatan :
Cara ini juga bisa Ente terapkan pada setiap HP android lainya contohnya HP Asus. Info IMEI HP Asus bisa Ente lihat di pengaturan/setelan >> sistem >> Tentang >> Status >> Info IMEI. Jadi, intinya yakni IMEI handphone android dapat dilihat pada menu tentang ponsel. Cara ini juga terbilang sangat mudah. Jadi Ente dapat mempraktikkannya sendiri.

3. Cek IMEI HP Samsung via dus handphone

Cara cek IMEI handphone Samsung yang ketiga yakni melalui dus handphone. Pada setiap dus HP tentu memiliki informasi secara umum serta penting tentang HP tersebut. Begitu juga dengan informasi IMEI HP Samsung dapat Ente lihat di sana. Cara ini bisa dibilang gampang tetapi juga merepotkan, misal Ente tengah di luar, malas mengambil dus H tersebut atau bahkan dus HP telah hilang. Jadi cara ini cuma khusus bagi Ente yang masih memiliki dus HP Samsung serta Ente enggak mager buat mengambilnya. apabila mager maka ikuti cara 1 serta 2 atau cara lain berikut ini.

4. Cek IMEI HP Samsung via body handphone

Cara Cek IMEI yang ke-4 yakni pada Body HP Samsung. Nah, kode IMEI handphone Samsung biasanya ditempelkan oleh penjualnya pada bagian dalam tempat baterai. Namun jika baterai HP yakni baterai tanam maka info IMEI biasanya terdapat pada bagian balik casing HP. Dengan demikian cara ini lebih mengharuskan Ente membuka serta melepas baterai HP.

5. Cek IMEI Samsung Online

Cara terakhir buat mengecek IMEI HP Samsung yakni menggunakan aplikasi IMEI Checker. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Ente cuma perlu mendownloadnya kemudian menginstal aplikasi tersebut di HP Anda. setelah di instal, buka aplikasi IMEI Checker kemudian klik Check IMEI.
Itulah artikel tentang Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah serta Apa Fungsinya. Semoga artikel ini dapat membantu Ente dalam mengecek IMEI HP dengan gampang serta cepat. Dengan pembahasan kali ini, maka Ente Telah mengerti apa itu IMEI serta fungsinya. Jadi, Ente sekarang perlu mengingat atau menyimpan nomor IMEI HP Ente di buku catan atau sebagainya. Persoalan ini buat berjaga-jaga jika nanti HP Ente hilang atau ada masalah jaringan komunikasi akibat nomor IMEI HP Ente hilang.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Cek Nomor Imei Hp Samsung Dengan Gampang Serta Apa Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel