Cara Amankan Akun Whatsapp Saat Hp Anda Hilang Atau Dicuri

Cara amankan akun WhatsApp saat HP Kalian hilang atau dicuri. Apa yang perlu Kalian lakukan saat HP serta kartu SIM Kalian hilang. Perkara ini tentu saja barangkali terjadi kepada siapa saja, kapan saja serta dimana saja. Ketika HP Kalian hilang, maka hal terburuk yang dapat terjadi ialah semua data pribadi yang ada pada HP Kalian bisa saja di salah gunakan. Terutama akun WhatsApp Anda. bisa saja akun tersebut digunakan buat melakukan penipuan kepada teman terdekat Anda. Nah, jika Kalian enggak mau hal ini terjadi. Maka ada beberapa tahap atau prosedur yang telah dijelaskan pada Website Resmi WhatsApp. Langkah-langkah tersebut bakal saya jelaskan secara lebih rinci kepada Kalian telang tahap serta apa saja yang terjadi saat Kalian enggak mengaktifkan akun dalam waktu 30 hari setelah dinonaktifkan.

Baca Juga : Cara Setting WhatsApp Agar enggak Download File Secara Otomatis Terbaru 2019
Cara amankan akun WhatsApp saat HP Kalian hilang atau dicuri Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Kalian Hilang atau Dicuri

Tentu bakal sangat di sayangkan jika Kalian perlu kehilangan akun tersebut. Terlebih lagi jika Kalian seorang pelaku bisnis yang telah mempunyai banyak klien serta teman bisnis. Maka ada pilihan yang bisa Kalian lakukan buat menyelamatkan akun tersebut. Sebagai tahap awal yang bisa Kalian lakukan pada akun WhatsApp ialah dengan menambahkan alamat email pencadangan. Perkara ini bertujuan agar Kalian bisa menyelamatkan semua data serta akun Anda. Pada pencadangan pesan. Langkah ini cuma bisa dilakukan sebelum HP hilang serta Kalian telah mengkonfirmasi pencadangan pesan. Lantas bagaimana yang perlu dilakukan saat HP hilang atau dicuri. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Kalian Hilang


1. Blokir Kartu SIM Anda

Langkah pertama yang perlu Kalian lakukan ialah dengan memblokir kartu SIM Anda. Perkara ini bertujuan agar kartu SIM Kalian enggak disalah gunakan, terutama digunakan buat mengaktifkan akun WhatsApp Anda. Tentu saja Kalian enggak mau akun WhatsApp Kalian di ambil alih oleh orang lain. Apalagi jika orang tersebut mengambil kesempatan serta melakukan hal yang buruk.

Baca Juga : Hati-hati Pengguna WhatsApp Plus serta GB WhatsApp Mulai kena Blokir Terbaru 2019

Cara ini mengharuskan Kalian kehilangan kartu SIM serta akun WhatsApp. Kalian bisa memblokir kartu SIM tersebut dengan cara menghubungi pihak layanan seluler Kalian seperti Telkomsel, XL, Tri serta lainnya. Kalian juga bisa datang langsung ke tempat penyedia layanan terdekat. Beritahu mereka buat secepatnya memblokir kartu tersebut dengan alasan Hilang. Setelah kartu SIM Kalian berhasil di blokir maka kartu tersebut enggak dapat menerima serta mengirim pesan ataupun panggilan. Dengan demikian maka orang lain enggak bisa melakukan verifikasi akun WhatsApp Kalian menggunakan nomor tersebut. Perkara ini dikarenakan WhatsApp bakal melakukan proses verifikasi dengan cara mengirim SMS atau panggilan.

2. Aktifkan nomor kartu SIM yang lama pada kartu SIM yang baru.

Ingat : Bahwa WhatsApp cuma dapat diaktifkan menggunakan satu nomor pada waktu yang bersamaan. Artinya setiap satu nomor cuma bisa menampung satu akun WhatsApp.

Kalian masih bisa menggunakan nomor lama Kalian dengan kartu SIM yang baru. Cara ini jika Kalian sayang dengan kartu SIM atau kartu tersebut sangat penting bagi Anda. Maka Kalian enggak perlu memblokir kartu tersebut. Kalian secepatnya datang ke kantor penyedia layanan seluler terdekat. Sampaikan keluhan kalau HP berserta kartu SIM Kalian hilang atau di curi. Kalian tetap meminta buat memblokir kartu SIM yang lama, tetapi enggak memblokir nomor. Kemudian minta mereka buat mengaktifkan nomor tersebut pada kartu SIM baru tetapi dengan nomor lama (yang telah hilang atau dicuri). Dengan demikian maka Kalian dapat kembali melakukan verifikasi akun WhatsApp serta menyelamatkan akun Kalian dari orang yang enggak bertanggung jawab.


3. Kirim Email ke Pihak WhatsApp

Ketika HP berserta kartu SIM yang terlah terdaftar WhatsApp hilang. Maka tahap berikutnya yang bisa Kalian lakukan ialah dengan cara mengirimkan email pemberitahuan kepada pihak WhatsApp. Kalian bisa mengunjungi Website resmi WhatsApp.

Tuliskan kalimat "Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya" Pada bagian badan surat/email serta di sertai dengan nomor telepon Kalian lengkap dengan format internasional dari negara Anda. Untuk negara Indonesia maka Kalian bisa menulis nomor dengan format +62 : Contoh lengkapnya +6285123456789. Dengan mengirimkan pesan lewat email maka pihak WhatsApp bakal menon aktifkan akun WhatsApp Anda.

2 Perkara Penting Yang Harus Di Ingat

  • Kartu SIM yang telah Kalian di blokir serta layanan seluler telepon Kalian telah dinonaktifkan. Akun WhatsApp tetap dapat digunakan menggunakan koneksi WI-FI. Perkara ini bisa saja terjadi jika Kalian enggak memberitahukan atau mengirim pesan email kepada pihak WhatsApp buat menonaktifkan akun WhatsApp Anda. Artinya setelah Kalian memblokir akun maka Kalian tetap mengirimkan email pemberitahuan buat mengkonfirmasi penonaktifan akun WhatsApp tersebut.
  • Pihak WhatsApp enggak dapat membantu Kalian buat menemukan lokasi ponsel Anda. Kemudian menonaktifkan akun WhatsApp dari jarak jauh lewat perangkat atau Smartphone lain enggak barangkali dilakukan.
Baca Juga : Cara Jitu Melacak, Mengunci serta Melindungi Data Hp Android yang Hilang

kalau Kalian telah melakukan pencadangan pesan WhatsApp menggunakan Google Drive, OneDrive ataupun iCloud sebelum HP Kalian hilang. Maka Kalian kemungkinan dapat melakukan pemulihan riwayat pesan pada akun WhatsApp. Perkara yang bisa dipulihkan ialah riwayat pesan/Chat bersama teman serta grup serta semua grup yang telah Kalian ikuti.

Apa Saja Perkara Yang Akan Terjadi Ketika Kalian Menonaktifkan Akun

  1. Akun WhatsApp Kalian enggak sepenuhnya terhapus. Namun dalam status nonaktif.
  2. Kontak atau teman Kalian tetap dapat melihat profil Anda.
  3. Kontak atau teman Kalian tetap dapat melakukan pengiriman pesan kepada Kalian serta bakal berada dalam status pesan tertunda selama 30 hari.
  4. Jika Kalian mengambil tahap buat mengaktifkan kembali akun sebelum akun WhatsApp tersebut di nonaktifkan oleh sistem WhatsApp. Maka Kalian bakal menerima Chat atau pesan yang tertunda pada nomor/kartu SIM baru serta Kalian masih bisa tergabung dalam grup Chat.
  5. Jika Kalian enggak mengambil keputusan buat mengaktifkan akun tersebut. maka dalam jangka waktu satu bulan atau 30 hari, akun tersebut bakal sepenuhnya dihapus oleh WhatsApp dari sistem. Artinya akun WhatsApp secara permanen di hapus.

Itulah artikel tentang Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Kalian Hilang. Jadi, kesimpulannya jika HP serta kartu SIM Kalian yang telah terdaftar akun WhatsApp hilang. Maka Kalian bisa mengambil tahap buat menonaktifkan akun serta mengirim email pemberitahuan kepada pihak WhatsApp buat menonaktifkan akun. Namun, jika Kalian sayang dengan kartu SIM lama Kalian maka Kalian bisa menghubungi pihak layanan seluler Kalian buat mengaktifkan kembali nomor lama pada kartu SIM yang baru. Dengan nomor lama ini maka Kalian bisa melakukan verifikasi akun buat mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda.

Sebelum waktu 30 hari sejak HP tersebut hilang maka Kalian bisa mengaktifkan kembali WhatsApp. Dalam waktu tersebut akun WhatsApp Kalian masih bisa menerima pesan tetapi dalam status pesan tertunda. Kemudian setelah akun di aktifkan maka pesan tertunda tersebut bakal Kalian terima. Setelah jangka waktu 30 hari penonaktifan, jika Kalian enggak mengaktifkan akun WhatsApp maka sistem WhatsApp bakal menonaktifkan akun Kalian secara penuh.

Belum ada Komentar untuk "Cara Amankan Akun Whatsapp Saat Hp Anda Hilang Atau Dicuri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel