Cara Cek Typo Di Ms Word Dengan Gampang Buat Bahasa Indonesia Serta Inggris

Gemboxin - Cara Cek Typo di MS Word - kalau Ente orang yang berprofesi sebagai penulis, entah itu penulis buku ilmiah, novel, ataupun menjadi penulis lepas seperti blogger. Melakukan kesalahan dalam mengetik tentu saja itu hal yang wajar. Namun hal ini enggak bisa di anggap remeh. kalau tulisan Ente adalah tulisan penting maka kesalahan dalam mengetik bakal berakibat fatal. Bisa saja kesalahan tersebut dapat mengakibatkan makna yang berbeda dalam sebuah tulisan. Misalnya saja jika Ente Typo dalam menulis kata “tau” menjadi “ta*”. Tentu saja orang yang membacanya menerjemahkan tulisan tersebut berdasarkan apa yang tertulis. Maka dari itu kesalahan ini enggak bisa di anggap hal sepele.
 kalau Ente orang yang berprofesi sebagai penulis Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia serta Inggris

Saat saya menjadi seorang maha siswa akhir, saya sering sekali menulis kalimat Typo dalam skripsi. Padahan saat itu saya telah print semua halaman skripsi tersebut. Karena Typo maka kembali membaca tulisan saya dari awal. Saat itu saya berpikir, jika saya baca satu persatu tentu bakal memakan waktu yang lama. Akhirnya saat itu teman saya memberikan solusinya. Ternyata cara mengeceknya sangat gampang serta begitu simpel. Karena solusi ini dalam waktu beberapa menit semua halaman skripsi yang tebal telah selesai di cek tulisan Typo.

Baca Juga : Apa Saja Yang Harus Ente Lakukan Ketika Kehabisan Ide Dalam Menulis?

Nah, sebab informasi ini sangat bermanfaat. Maka saya berpikir buat membagikan informasi ini kepada Anda. Agar Ente bisa memperbaiki kesalahan dalam menulis Ejaan dari sebuah kata. Cara Cek Typo ini bukan cuma buat tulisan berbahasa Indonesia, bakal namun cara ini bisa juga Ente lakukan buat bahasa lainnya contohnya bahasa Inggris. kalau Ente tertarik buat mengetahui informasi ini maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia serta Inggris


Langkah 1 : Buka Ms Word

Langkah 2 : Berikutnya ialah Ente perlu mengaktifkan “Check spelling as you type” serta “Mark grammar errors as you type”. Cara mengaktifkannya ialah Klik File > Pilih Options > Proofing. Kemudian beri tanda centang buat mengaktifkan “Check Speelling .....” serta “Mark Grammer...”.

Langkah 3 : Pastikan Pustaka bahasa yang mau Ente cek Typo telah terinstal (Misalnya Bahasa Indonesia serta Inggris). Cara ceknya : File > Options > Language. kalau telah terinstal maka statusnya ialah “Installed” kalau Belum maka Non Installed. Ente perlu menginstalnya terlebih dahulu.

 kalau Ente orang yang berprofesi sebagai penulis Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia serta Inggris

Langkah 4 : Klik Not Installed. Maka Ente bakal dibawa ke halaman web buat mendownload.

Langkah 5 : Silahkan pilih bahasa serta download sesuai dengan OS Anda. misalnya OS Ente 32bit atau 64bit.

 kalau Ente orang yang berprofesi sebagai penulis Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia serta Inggris

Langkah 6 : Setelah berhasil di download, Jalankan file berupa aplikasi tersebut serta tunggu hingga proses instal selesai.

Langkah 7 : kalau telah selesai, periksa kembali di File > Options > Language buat memastikannya telah terinstal.

Langkah 8 : Tahap selanjutnya buka file Word yang mau Ente cek. kalau file Ente menggunakan bahasa Indonesia maka Ente pilih Bahasa Indonesia serta hilangkan tanda centang pada “Do Not Check Spelling Or Grammer” serta “Detect Language Automatically”.

 kalau Ente orang yang berprofesi sebagai penulis Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia serta Inggris

Langkah 9 : kalau ada kesalahan ejaan (Typo) maka bakal muncul tanda silang. Klik tanda silang tersebut buat mengetahui kesalahannya. Kemudian pada bagian kanan Word bakal muncul menu seperti pada gambar di bawah ini.

 kalau Ente orang yang berprofesi sebagai penulis Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia serta Inggris

Keterangan Gambar :
  1. Ignore Once : kalau Ente mau melewati kata tersebut. Misalnya kata tersebut berupa bahasa asing atau nama orang, maka Ente bisa melewatinya.
  2. Ignore All : kalau Ente mau melewati semua kata asing atau nama yang sama.
  3. Add : kalau Ente mau menambah kata tersebut dalam ke dalam pustaka bahasa tersebut.
  4. Change  serta Change All : Setiap kata yang salah (Typo), maka Word bakal memberikan kemungkinan kata yang benar. kalau dari pilihan tersebut ada yang benar maka Ente bisa memilih serta klik Change buat mengganti kata yang salah menjadi benar.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel yang Baik serta Menarik Minat Pembaca

Itulah artikel tentang Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia serta Inggris. Bagaimana ? gampang bukan cara mengecek kalimat atau kata ejaan yang salah. Dengan cara ini maka Ente enggak perlu membaca semua halaman artikel satu persatu. Bayangkan jika halamannya mencapai ratusan, bisa-bisa sebulan enggak selesai. Nah, semoga artikel yang saya tulis kali ini bermanfaat buat Anda. Terima kasih telah berkunjung serta sampai jumpa kembali.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Typo Di Ms Word Dengan Gampang Buat Bahasa Indonesia Serta Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel