Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman Serta Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman serta Mudah?

Virus komputer adalah suatu program komputer yang bertujuan buat mengambil atau mencuri informasi yang ada di komputer. Sebuah virus komputer mempunyai kemampuan buat menggandakan serta menyalin diri sendiri layaknya virus biologis. Virus ini bekerja dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam suatu program ataupun dokumen. Virus komputer dapat menimbulkan kerusakan atau gangguan pada System Komputer serta data yang tersimpan di komputer. tidak cuma itu virus juga bisa tak menimbulkan efek pada komputer Anda. Sehingga Kalian berpikir kalau laptop atau komputer Kalian aman.

Ada baya jenis virus yang mempunyai kemampuan serta tugas yang berbeda beda. Misalkan jenis Virus Worm yang dapat menduplikat diri secara cepat sehingga membuat Hardisk Kalian tiba-tiba penuh. Virus Trojan mempunyai kemampuan mengambil atau mencuri data pada komputer/laptop yang telah terinfeksi serta mengirimnya kepada si pembuat virus. Virus SpyWare yaitu virus yang dibuat buat memantau komputer atau laptop Kalian yang terinfeksi. Dan masih banyak lagi virus lainya yang mempunyai keunikan masing-masing.
Lantas, apa yang perlu dilakukan saat laptop Kalian terkena virus ? pada kesempatan kali ini saya bakal mencoba berbagi pengalaman saya dalam mengatasi laptop yang terkena virus serta cara mencegahnya. Tips berikut sangat gampang buat Kalian lakukan. Empat tips pertama buat laptop yang terinfeksi ringan sedangkan tips yang kelima buat laptop yang terinfeksi berat. Baik perhatikan langkahnya berikut ini: 

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman serta Mudah


  1. Update Antivirus Secara Rutin

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat laptop Kalian terkena virus yaitu mengupdate antivirus yang Kalian gunakan. Perkara ini penting dilakukan sebab virus dari waktu ke waktu terus berkembang layaknya virus serta bakteri dalam ilmu biologi. Dengan mengupdate antivirus maka antivirus Kalian bakal mendapatkan database mengenai informasi virus terbaru sehingga antivirus dapat mengenali virus dengan baik. Analoginya seperti ini, jika awalnya database antivirus Kalian cuma mengenal virus A serta B. Maka antivirus tersebut cuma dapat memblok virus jenis A serta B. Ketika virus C serta D yang adalah hasil update virus A serta B, maka antivirus Kalian tak mengenalinya. Yang perlu dilakukan yaitu mengupdate, buat memperoleh database virus terbaru.

  1. Jangan Sembarang Instal Aplikasi

Pernahkah Kalian mendownload aplikasi di internat kemudian saat Kalian Instal ternyata itu bukan aplikasi yang Kalian maksud. Aku pernah mengalami hal tersebut serta bahkan sering, sebab saya sendiri orang yang suka instal serta mencoba aplikasi. Bukan jarang setelah saya instal aplikasi tersebut malah laptop menjadi lemot serta kipasnya bunyi dengan kencang seperti tengah menjalankan aplikasi yang berat. Penyebab yang saya curigai yaitu virus, kemudian saya update antivirus serta melakukan Full Scan Virus. Setelah di Scan banyak sekali virus yang terdeteksi. Dari pengalaman ini saya menyarankan Kalian buat tak mendownload serta menginstal aplikasi secara sembarangan. Download aplikasi dari situs terpercaya agar bisa terhindar dari virus.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon IP2770 Error Number Atau Memori Penuh Dengan Mudah serta 100% Work

  1. Hati-hati Dalam Penggunakan Patch serta Crack

Bagi Kalian yang menyukai aplikasi bajakan saya sarankan buat hati-hati dalam penggunaan Patch serta Crack. Mungkin Kalian belum tahu kalau Patch serta Crack juga adalah virus yang mencoba memanipulasi sebuah aplikasi. Sehingga Kalian bisa menjalankan aplikasi bajakan secara Full Version seakan Kalian telah membeli license aplikasi tersebut. Sehingga setiap kali menggunakan Patch serta Crack pasti bakal di menta buat matikan antivirus. Aku sarankan buat jangan atau hati-hati menggunakannya. jika Kalian tak hati-hati maka bisa menjadi Patch serta Crack tersebut malah bakal membahayakan kinerja laptop Anda.

  1. Gunakan System Restore

System Restore yaitu sebuah fitur yang dapat digunakan buat mengembalikan System komputer atau Laptop Kalian ke Restore Point atau Waktu tertentu. Dengan fitur ini maka kondisi laptop Kalian bisa dikembalikan ke waktu sebelum terjadi masalah. kalau Kalian mau melakukannya silakan baca Cara Melakukan System Restore di Windows 7, 8.1 serta 10 Lengkap dengan Gambar

Saat menjalankan System Restore maka semua aplikasi yang di instal pada sekarang hingga waktu Restore bakal hilang. Misalnya waktu sekarang alah tanggal 30 Desember kemudian Kalian melakukan Restore ke tanggal 1 Desember maka aplikasi yang di instal dari tanggal 1 – 30 Desember bakal hilang. Sedangkan aplikasi yang di instal sebelum tanggal 1 Desember bakal tetap ada. Ingat yang hilang cuma aplikasi sedangkan file seperti file dokumen, pdf, ppt, gambar serta file sejenis tak hilang.

  1. Instal Ulang Windows

Cara kelima ini Kalian lakukan saat virus tersebut telah sulit buat di atasi dengan empat cara di atas. Atau kerusakan System akibat virus terlalu parah maka saya anjurkan buat instal ulang Windows. kalau spesifikasi laptop Kalian memungkinkan buat menginstal Windows 8.1 maka saya anjurkan buat menggunakan Windows ini. Karena menurut saya System keamanannya telah di tingkatkan. Nah, jika Kalian menggunakan Windows 8.1 saya sarankan juga buat tak menggunakan antivirus tambahan. Melainkan menggunakan antivirus bawaan yaitu Windows Defender. Kalian hannya perlu update antivirus ini secara rutin minimal satu bulan sekali, maka gangguan virus bakal hilang.
Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman serta Mudah. kalau Kalian mempunyai tips yang lain silakan berbagi informasinya kepada kami lewat kolom komentar. Kalian juga bisa bertanya kepada kami terkait artikel ini, kami bakal mencoba menjawabnya sebisa kami. Terima kasih telah berkunjung serta selamat mempraktikkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman Serta Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel