Metodologi Penelitian Serta Langkah-Langkah Metodologi Penelitian

gammafisblog.blogspot.com - kali ini kita akn mempelajari tentang Metodologi penelitian. Mengenai tahap langkah dalam metodologi penelitian. sebelum melkukan sebuah penelitian kita perlu terlebih dahulu mengetahu tentang apa yang mau kita teliti, artinya kita perlu mempunyai pengetahuan. pengetahuan ialah sesuatu yang kita ketahui atau dari enggak tahu menjadi tahu.


 kali ini kita akn mempelajari tentang Metodologi penelitian Metodologi Penelitian serta Langkah-Langkah Metodologi Penelitian
Penelitian


Metodologi Penelitian serta Langkah-Langkah Metodologi Penelitian.

Peneliatian.

Penelitian ialah suatu proses investigasi yang bertujuan buat menemukan jawaban, menginterprestasi serta merevisi fakta. Penelitian perlu didasarkan pada pendekatan ilmiah serta metodologi ilmiah. Untuk melakukan sebuah penenlitian yang pertama kali kita perlu lakukan ialah menentukan masalah yang mau diselesaikan, dengan syarat masalah tersebut diungkapkan dalam kalimat tanya, dapat dijawab dengan jelas serta spesifik enggak boleh suatu jawaban yang bersifat relatif, serta terakhir bukan adalah suatu jawaban yang singkat seperti Ya/Tidak. Jawaban dari permasalahan perlu didasarkan pada data atau suatu pengukuran.

Cara mendapatkan Masalah.

Untuk memperoleh sebuah masalah yang bakal di teliti dapat diperoleh dengan cara melakukan observasi dari apa saja, seperti :
1. Berdasarkan pengalaman
Masalkan, dulu saat saya sakat (Batuk) saya mencampurkan daun jeruk serta kecap asin, kemudian batuk saya reda. Mengapa, apa yang terkandung dalam daun jeruk serta kecep asin sehingga batuk bisa reda. Persoalan tersebut bisa dijadikan masalah buat diteliti.
2. Berdasarkan Referensi atau jurnal
3. Penelitian terdahulu
4. Inovasi teknologi
5. dll
Semua hal diatas adalah sebuah upaya buat mendapatkan sebuah masalah yang bakal diteliti.

Dalam penelitian ada tantangan, dimana semua hasil observasi ialah alasan-alasan buat memilih masalah yang mana semua masalah tersebut bakal dituangkan dalam latar belakang.

Misalkan kita mau membuat termometer digital mengunakan sensor suhu. dalam latar belakan bukan sensor yang dibahas, namun mengapa dibuat termometer digital mengunakan sensor suhu, apa kelebihan serta kekurangan serta menceritakan semua hal hal yang melatarbelakangi Masalah.

Langkah-Langkah Metodologi Penenlitian.

Adapun tahap langkah dalam metodologi penelitian ialah sebagai berikut :

1. Merumuskan Masalah
Merumuskan masalah adalah hal yang paling penting dalam penelitian. Merumuskan masalah adalah serangkaian pertanyaan mengenai apa, mengapa ataupun bagaimana tentang suatu objek yang bakal kita teliti. Dalam merumuskan masalah, perlu jelas tentang batasan-batasan serta dikenal mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi masalah.

2. Marumuskan Hipotesis (Hipotesis Nol /H0 serta Hipotesis Alternatif - Ha)
Rumusan hipotesis adalah jawaban sementara atau dugaan pernyataan yang bakal diajukan serta adalah kesimpulan dari kerangka berpikir yang kembangkan yang masih memerlukan pembuktian berdasarkan data yang bakal dianalisis, misalnya ada pengaru suhu terhadap bahan semikonduktor (Ha) serta Bukan ada pengaruh suhu terhadap bahan semikonduktor (H0).

3. Mengumpulkan data
 Pengumpulan data dilakukan dilapangan dimana peneliti bakal melakukan pengamilan data. Dalam penelitian seorang peneliti yang tengah menerakpkan metode ilmiahnya perlu melakukan pengumpulan data berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan. Pengumpulan data erat kaitan dengan hipotesis, karena data tersebut yang bakal digunakan buat menguji hipotesis.

4. Menguji Hipotesis
Dalam penelitian ilmiah pada hakekatnya perlu dilakukan uji hipotesis dimana kita enggak dapat membenarkan atau menyalahkan hipotesis, namun kita haya menerima atau menolak hipotesis yang telah dirumuskan. makin tinggi tingkat akurasi data maka tingkat kepercayaan terhadap hasil penelitian bakal makin besar pula. sebaliknya jika tingkat akurasi rendah maka penelitian tidaka dapan dipercaya.

5. Merumuskan kesimpulan
Langkah terakhir dalam melakukan penenlitian ialah merumuskan kesimpulan berdasarkan data data yang telah diperoleh, apakah data tersebut menerima/menolah H0 atau Menerima/Menolak Ha. semua itu dapat dijawab berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian.

Itulah Metodologi Penelitian serta Langkah-Langkah Metodologi Penelitian, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat buat kita semua. kalau ada kesalahan mohon berikan komentarnya agar artikel ini dapat menjadi lebih baik. kalau enggak keberatan mohon di Like atau di Sheare ataupun diberikan komentar positifnya. Termakasih.

Belum ada Komentar untuk "Metodologi Penelitian Serta Langkah-Langkah Metodologi Penelitian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel