9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Buat Pemula

Gemboxin - 9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula - Pemrograman komputer yaitu serangkaian instruksi-instruksi yang ditulis dalam sebuah kode dengan tujuan buat melakukan suatu tugas tertentu pada komputer. Di zaman modern seperti saat ini, menguasai bahasa pemrograman yaitu salah satu modal besar buat mencapai kesuksesan. Karena banyak orang yang membuat aplikasi dari program-program buat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Contohnya aplikasi Instagram, WA, Grab, Gojek serta masih banyak lagi aplikasi lain yang memberikan manfaat kepada banyak orang. Setiap aplikasi ini di buat dengan bahasa pemrograman khusus serta dapat dipelajari oleh setiap orang. Tentunya orang yang berminat mempelajari bahasa pemrograman.

 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula 9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula

Ada banyak sekali manfaat belajar bahasa pemrograman yang dapat Kalian per oleh. Di antaranya yaitu dapat memberikan solusi baru dalam memecahkan masalah, mempunyai modal buat masa depan (karena bahasa pemrograman yaitu bahasa massa depan), bisa dikerjakan di rumah dan  dimana saja, banyak perusahaan yang mencari developer, serta dapat menciptakan sesuatu buat mempermudah pekerjaan manusia. Ketika Kalian telah ahli serta menguasai sebuah bahasa pemrograman terutama bahasa pemrograman android maka Kalian dapat membuat aplikasi Android apa saja serta mendapatkan uang dari aplikasi tersebut. Nah, jika Kalian berminat buat belajar bahasa pemrograman, maka Kalian perlu mengetahui Tips-Tips berikut ini.

9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula


1. Menumbuhkan Minat

Pada umumnya jika kita minat bakal sesuatu hal maka kita bakal lebih mencurahkan perhatian kita terhadap sesuatu hal tersebut. Nah, Ketika Kalian mau mempelajari suatu hal baru, maka yang pertama dilakukan yaitu Kalian perlu menumbuhkan minat Kalian kepada hal tersebut. Dengan adanya minat di dalam diri Kalian maka Kalian bakal melakukannya dengan penuh semangat, gairah, motivasi serta senang melakukan hal tersebut. Ketika Kalian mempunyai minat bakal sepak bola maka Kalian bakal semangat bermain sepak bola, walaupun tengah kelelahan tetapi Kalian tetap senang. Setiap orang mempunyai minat yang berbeda-beda. Ketika Kalian mempunyai minat dalam Pemrograman, maka ini bakal menjadi modal Kalian buat mempelajari pemrograman komputer. Dengan adanya minat Kalian dalam mempelajari pemrograman, maka situasi sulit seperti apa pun dapat Kalian lalui dengan penuh motivasi serta semangat. Terlebih lagi saat situasi sulit tersebut telah terpecahkan, maka Kalian bakal mendapatkan kepuasan serta kebahagiaan. Maka dari itu penting buat Kalian menumbuhkan minat saat mau mempelajari pemrograman komputer.

2. Pilih Satu Bahasa Pemrograman

Ada banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang telah berkembang saat ini, mulai dari bahasa C, C++, Java, Pascal, PHP, HTML serta masih banyak lagi. Semua bahasa pemrograman tersebut mempunyai kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Dan setiap bahasa pemrograman dibuat buat melakukan suatu tugas Khusus. Misalkan bahasa pemrograman HTML yang digunakan buat membuat sebuah halaman web serta bahasa C, C++, serta Java dapat digunakan buat membuat aplikasi desktop. Pilihlah salah satu bahasa pemrograman tersebut sesuai dengan minat Anda. Pelajari serta fokus dengan bahasa tersebut sampai Kalian mahir.

3. Pelajari Buku Panduan

Setiap bahasa pemrograman tersebut mempunyai buku panduannya masing-masing. Perkara ini dibuat oleh pembuat bahasa pemrograman buat mempermudah orang dalam mempelajari bahasa pemrograman. Setelah Kalian tahu bahasa pemrograman yang mau Kalian pelajari maka tahap selanjutnya yaitu pelajari Buku Panduan dari bahasa pemrograman tersebut. Ada banyak sekali buku panduan tentang semua bahasa pemrograman yang tersebar di internet. Kalian cuma perlu mendownloadnya, tetapi jika Kalian mempunyai cukup uang maka ada baiknya buat Kalian membeli buku dasar-dasar bahasa pemrograman tersebut.


4. Biasakan Menulis Kode

Ketika Kalian mau serta baru memulai belajar Bahasa Pemrograman, maka Kalian perlu membiasakan hal kecil ini, yaitu biasakan buat menulis atau mengetik sebuah kode. Jangan biasakan menggunakan copy serta paste. Dengan Kalian membaca serta mengetik kode tersebut maka bakal tersimpan ke dalam memori ingatan Anda. karna Kalian membacanya dua kali, yaitu pertama saat Kalian membaca kode tersebut serta kedua saat Kalian menulis kode tersebut maka di dalam hati Kalian membacanya juga. Kebiasaan copy serta paste adalah kebiasaan yang buruk saat Kalian baru belajar bahasa pemrograman. Maka dari itu usahakan buat mengetik setiap baris kode. Agar Kalian bisa lebih mengerti serta mengerti dengan bahasa tersebut.

5. Buatkan Dokumentasi

Setiap kali Kalian belajar suatu hal baru, maka buatkanlah dokumentasi tentang materi yang Kalian pelajari tersebut. bisa berupa catatan kecil buat membantu Kalian mengingat serta memudahkan Kalian buat mempelajari materi tersebut kembali di kemudian hari. Buatkan juga catatan komentar buat menyatakan baris kode yang Kalian tulis. Setiap bahasa pemrograman punya kode buat membuat komentar. Komentar ini juga berfungsi buat menyatakan kode serta mengingatkan kembali Kalian nantinya serat memudahkan orang lain buat memahami apa yang Kalian tulis.

6. Buatlah Program Logika

Ketika Kalian telah mempelajari begitu banyak kode serta fungsi-fungsi dalam bahasa pemrograman. Langkah selanjutnya yaitu Kalian perlu mencoba belajar membuat program logika buat melihat seberapa pahanya Kalian dengan bahasa pemrograman tersebut. karna saat Kalian mau membuat sebuah program besar maka program besar tersebut adalah gabungan dari program-program kecil. Dan saat Kalian membuat suatu program kecil maka tentu bakal muncul pertanyaan jika Kalian berbuat seperti ini maka apa yang bakal terjadi nantinya.

7. Keep Coding Everyday

Semakin sering Kalian membuat program (sesederhana apa pun program yang Kalian buat) ini bakal sangat memberikan nilai positif kepada Anda. Dengan terus membuat program setiap hari maka bakal meningkatkan keterampilan Coding Anda. Orang cerdas yaitu orang yang selalu latihan setiap hari serta setiap waktu tanpa henti sampai tujuannya tercapai. Jangan pernah menyerah sekalipun Kalian mengalami suatu kegagalan yang besar. Karena kita enggak pernah tahu apa yang terjadi setelah itu, setlah Kalian tetap yakin serta terus semangat. Setiap perjuangan enggak bakal menghianati hasil.

8. Masuk Sekolah atau Pelatihan

Belajar bahasa pemrograman tentu saja dapat dilakukan secara mandiri. Namun, tentu saja ini membutuhkan waktu yang santa lama. Beda halnya ke Kalian masuk ke sekolah, kuliah atau mengikuti pelatihan bahasa pemrograman. Tentu Kalian bakal mendapatkan bimbingan serta arahan dalam belajar. Dengan demikian maka Kalian bakal lebih cepat dalam menguasai bahasa pemrograman tersebut.

9. Ikuti Grup/Komunitas Pemrograman

tidak cuma mengikuti kelas, maka hal lain yang dapat Kalian lakukan buat meningkatkan kemampuan Kalian dalam belajar bahasa pemrograman yaitu dengan mengikuti Grup-grup pemrograman. Ada banyak sekali grup atau komunitas pemrograman yang dapat Kalian ikuti, seperti di grup facebook pemrograman. Dengan mengikuti komunitas maka Kalian bisa saling bertukar ide serta pikiran. tidak cuma itu Kalian bisa memecahkan masalah bersama serta membuat sebuah program besar bersama-sama.


Itulah artikel tentang 9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda. Cobalah gunakan Tips ini saat Kalian mempunyai ketertarikan atau minal dalam belajar bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman apa pun itu, ikutilah Tips ini. Jangan lupa buat berdoa kepada Tuhan agar dipermudah setiap urusan. Mungkin itu saja, terima kasih saya ucapkan kepada Kalian yang telah berkunjung serta sampai jumpa kembali.

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Buat Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel