7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Buat Eksperimen Serta Simulasi Elektronik

Gemboxin - Dunia Elektronika ialah salah satu bagian terpenting dalam mendukung perkembangan dunia teknologi. Dengan ditemukannya komponen elektronika maka alat-alat elektronika pun berkembang dengan pesat. Salah satu contohnya ialah perkembangan perangkan elektronik seperti HP, TV, serta Komputer. Untuk mendukung perkembangan dalam bidang teknologi maka banyak sekali orang elektronika yang berlomba-lomba membuat komponen elektronik ataupun rangkaian elektronik. Sehingga tak jarang banyak sekali eksperimen yang dilakukan. Namun buat melakukan eksperimen dalam membuat alat elektronik ataupun rangkaian elektronik membutuhkan biaya yang cukup besar. Dimana Ente perlu membeli komponen elektronik (seperti resistor, kapasitor, transistor serta lainya sesuai kebutuhan), membeli catu daya (AC/DC) sebagai sumber tegangan, serta alat ukur tegangan, arus, serta gelombang keluaran seperti (Voltmeter, Amperemeter, Multimeter ataupun Osiloskop). Dan masih banyak lagi uang yang perlu dikeluarkan buat membuat serta menganalisis rangkaian elektronika.

 Dunia Elektronika ialah salah satu bagian terpenting dalam mendukung perkembangan dunia  7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen serta Simulasi Elektronik

Namun, Ente tak perlu khawatir. Ente masih dapat melakukan simulasi, eksperimen serta membuat rangkaian elektronik dengan menggunakan satu aplikasi dengan fasilitas yang lengkap. Diaman dalam aplikasi ini telah dilengkapi dengan fasilitas komponen serta alat ukur serta alat buat menganalisis bentuk gelombang keluaran dalam bentuk Virtual Lab.

Virtual Lab ialah sebuah laboratorium elektronika berbasis virtual. Dimana Ente dapat melakukan eksperimen ataupun simulasi elektronik. Ada banyak sekali aplikasi Virtual Lab yang dapat Ente temui. Namun pada kesempatan kali ini saya bakal memberikan informasi mengenai 7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen serta Simulasi Elektronik. Dengan aplikasi ini Ente bisa bebas membuat rangkaian apa saja seusia keinginan Anda. terlebih lagi ke-7 aplikasi ini telah banyak digunakan serta dibahas oleh banyak orang baik berupa video tutorial ataupun dalam bentuk artikel. Dengan demikian bakal lebih memudahkan Anda. selain itu setiap aplikasi ini mempunyai panduannya masing-masing. Yang perlu Ente lakukan ialah membuat ide rangkaian kemudian di visualkan menggunakan aplikasi di bawah ini. Baik, buat tak memperpanjang kata langsung saja kita mulai.

7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen serta Simulasi Elektronik


1# LabVIEW

LabVIEW (Laboratory Virtual Instrumentation Engineering Workbench) ialah Sebuah perangkat lunak berupa laboratorium Virtual yang dapat digunakan buat melakukan pemrosesan serta melakukan visualisasi data dalam bidang akuisisi data, kontrol instrumentasi serta mampu melakukan kendali otomatis industri. LabVIEW pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan National Instruments tepatnya pada tahun 1986. LabVIEW dapat dijalakan pada beberapa Sistem Operasi (OS) seperti Linux, Unix, Mac OS X serta Windows. sudah banyak orang yang menggunakan LabVIEW dalam membuat Project instrumentasi. Dan banyak pula yang membuat video tutorial tentang dasar-dasar penggunaan LabVIEW di Youtube ataupun Website. Sehingga memudahkan Ente buat mempelajarnya. LabVIEW dapat Ente gunakan serta kombinasikan dengan Arduino menggunakan komunikasi serial LabVIEW serta Arduino. Sehingga Ente bisa membuat aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan Arduino sebagai Mikrokontrolel serta penerima data kemudian LabVIEW sebagai pengolah serta display data. Contohnya Ente mau mengukur suhu menggunakan sensor suhu LM35 serta Arduino sebagai Mikrokontrolel yang mengubah data analog menjadi digital kemudian data digital di oleh menggunakan LabVIEW lewat komunikasi serial. Setelah di oleh kemudian data tersebut ditampilkan menggunakan grafik ataupun tabel suhu terhadap waktu. Masih banyak lagi Project yang dapat Ente buat menggunakan LabVIEW, sebab LabVIEW bukan cuma sebagai akuisisi data tetapi juga dapat digunakan buat mengendalikan alat-alat instrumentasi.

2# Proteus

Proteus ialah sebuah aplikasi yang dapat Ente gunakan buat melakukan pemodelan Sistem Virtual serta membuat simulasi rangkaian elektronika. Aplikasi ini menggabungkan mode SPICE Circuit Simulation, Komponen Animasi serta Model Mikroprosesor buat memfasilitasi Co-simulasi desain berbasis Mikrokontroler. Proteus dapat digunakan buat melakukan simulasi interaksi antara perangkat lunak yang berjalan pada Mikrokontroler serta elektronik analog atau digital yang terhubung dengannya. Proteus dapat melakukan simulasi Port Input / Output, interrupts, timers, USARTs serta semua device yang terdapat pada setiap prosesor.


3# NI Multisim

Ini Multisim ialah salah satu perangkat terbaik yang dapat digunakan buat membuat sebuah desain rangkaian elektronika (desain PCB) serta melakukan simulasi rangkaian elektronika. Multisim telah dilengkapi dengan mermacam komponen elektronika sehingga Ente bisa membuat rangkaian apa saja dengan men-drag-and-drop komponen yang Ente inginkan. Ente bisa melakukan simulasi rangkaian buat melihat tegangan, arus, frekuensi serta bentuk gelombang sinyal keluaran ataupun masukkan. Dengan Multisim maka seperti mempunyai sebuah laboratorium sendiri yang dapat Ente gunakan serta dibawa ke mana saja. Multisim adalah salah satu Lab Virtual yang mempunyai banyak kelengkapan.

Aplikasi Virtual Lab Lainya yang mempunyai fungsi serta kemampuan yang hampir sama ialah sebagai berikut.

4# PSpice
5# Livewire
6# OrCAD
7# SEE Electrical LT



Itulah 7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Belajar Elektronik. Ke-7 aplikasi di atas bakal sangat berguna bagi Ente yang mau belajar membuat komponen elektronika ataupun melakukan simulasi rangkaian buat mengamati hasil sinyal gelombang keluaran ataupun gelombang masukkan dari rangkaian tersebut. tidak cuma itu Ente juga dapat melihat bentuk gelombang pada tiap rangkaian. Dengan adanya aplikasi di atas tentu bakal membantu Ente mengamati, menganalisis serta memperkirakan hasil sebelum Ente membuat rangkaian yang asli. Oke, semoga apa yang saya tulis kali ini berguna buat Anda. Terima kasih telah berkunjung serta jangan lupa, like, share serta subscribe website ini agar Ente bisa mendapatkan informasi menarik serta terbaru dari kami secara gratis.

Belum ada Komentar untuk "7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Buat Eksperimen Serta Simulasi Elektronik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel