Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung

Memilih jurusan yang tepat yaitu salah satu problem yang bakal dijumpai oleh setiap siswa yang telah lulus sekolah tingkat SMA. Sebagian orang telah mengetahui betul jurusan yang bakal ia pilih. Namun sebagian lagi merasa bingung dalam memilih jurusan. Sehingga enggak jarang banyak yang cuma sekedar ikut-ikut teman ataupun salah jurusan. Ingat memilih jurusan kuliah yang tepat itu penting. Karena kita tahu proses perkuliahan itu enggak gampang terutama pada proses akhir yaitu skripsi. Memilih jurusan yang sesuai dengan yang Anda mau kan bakal sedikit meringankan beban dalam proses perkuliahan. Pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi Tips tentang bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat serta sesuai yang Anda inginkan.

 Memilih jurusan yang tepat yaitu salah satu problem yang bakal dijumpai oleh setiap siswa Cara Memilih Jurusan Yang Tepat apabila Anda Masih Bingung


Cara Memilih Jurusan Yang Tepat apabila Anda Masih Bingung


Kenali Diri Sendiri

Perkara yang pertama serta terutama yaitu mengenal diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri maka kita bakal tahu betul letak kekurangan serta kelebihan yang kita miliki. Perkara ini enggak gampang buat dilakukan, sehingga enggak jarang banyak orang yang merasa dirinya enggak punya kelebihan. Ingat! Setiap orang di ciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Maka Telah adalah kewajiban bagi kita buat mencari tahu apa kelebihan kita. Orang yang mau sukses dalam hidupnya pasti bakal terus berusaha mencari jati dirinya.

Untuk memilih jurusan juga begitu. Dengan mengenal diri sendiri maka bakal lebih gampang buat memilih jurusan yang cocok buat Anda. Bagaimana caranya, Anda bisa lakukan dengan membuat daftar apa saja kelebihan serta kelemahan Anda. Kemudian buatkan bobot atau poin terhadap setiap kelebihan yang Anda tuliskan. Jangan memaksakan sesuatu yang bukan kelebihan Anda. Tetapi mengasa potensi yang ada dalam diri itu lebih baik.

Apa Hobi serta Kesukaan Anda

Hobi serta kesukaan adalah salah satu hal yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih sebuah jurusan. Misalkan saat Anda hobi serta suka menulis, maka Anda bakal menyempatkan waktu buat menulis meskipun banyak tantangan. Tantangan tersebut justru bakal membuat Anda makin semangat. Dengan hobi menulis maka Anda bisa mencoba memilih jurusan sastra ataupun wartawan. Ingat proses perkuliahan enggak sama dengan proses belajar saat Anda masih di bangku sekolah. Saat kuliah Anda dituntut buat mandiri. Mengerjakan serta menyelesaikan tugas yang diberikan dosen dengan konsep berpikir Anda sendiri. Nah, bagi Anda yang hobi bermain dengan angka-angka maka Anda bisa memilih jurusan eksak seperti matematika serta fisika ataupun jurusan lainnya seperti akuntansi serta perpajakan. Apa pun hobi Anda, itu bisa Anda jadikan sebuah pertimbangan.

Jangan Ikut Orang Lain

Nah ini adalah hal yang paling banyak dilakukan oleh orang yaitu ikut-ikut. apabila Anda mau memilih jurusan yang tepat buat Anda maka jangan pernah ikut-ikut. Alasannya yang paling banyak yaitu ikut teman. Itu alasan yang salah menurut saya. Karena dengan memilih jurusan yang Anda suka justru bakal mempunyai dampak yang positif. Anda juga mempunyai kesempatan buat memperbanyak teman baru. Ketika Anda memilih jurusan karna ikut-ikut maka dampaknya yaitu Anda bakal malas-malasan dalam proses kuliah. Karena bukan keahlian serta kesukaan Anda. Al hasil Anda bakal mendapatkan nilai mata kuliah yang kurang bagus.

Perhatikan Peluang Kerja Ke depan

Yang harus Anda perhatikan berikutnya yaitu peluang kerja ke depan. Apakah jurusan yang Anda pilih mempunyai peluang kerja yang bagus buat 4 sampai 5 tahun ke depan. apabila ia, maka silahkan pilih. Sedangkan jika tidak, maka cobalah buat mempertimbangkannya kembali. Anda juga harus memperhatikan tingkat kompetitor dari sebuah pekerjaan. apabila tingkat kompetitor lebih besar dari jumlah pekerja yang diperlukan maka peluang Anda bakal makin kecil. Karena kita tahu kalau tujuan akhir dari semua itu yaitu mendapatkan sebuah pekerjaan atau menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Serta mendapatkan penghasilan yang cukup.

Kesimpulan:

Ketika Anda mau memilih sebuah jurusan yang tepat. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan, hobi, kesukaan Anda serta jangan ikut-ikutan. Karena setiap hobi serta kesukaan bakal di kerjakan dengan hati yang ikhlas. Serta perhatikan prospek atau peluang kerja ke depannya seperti apa. Karena tujuan akhir kita tentunya mencari pekerjaan yang baik serta mempunyai gaji yang cukup.


Itulah artikel tentang Cara Memilih Jurusan Yang Tepat apabila Anda Masih Bingung. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam proses pemilihan jurusan. Sekali lagi saya sarankan buat Anda memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan serta kesukaan Anda. Karena proses perkuliahan bakal terasa berat jika Anda terpaksa. apabila Anda mempunyai saran lain silahkan tuliskan di kolom komentar agar nantinya orang yang mengunjung blog ini bisa membaca saran Anda. apabila ada kekurangan ataupun kesalahan mohon di maafkan serta terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel