Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator

gammafisblog.blogspot.com - pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi kepada teman teman atau para pengunjung setia gammafisblog. Artikel kali ini bertajuk "Rangkaian Integrator" Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta semoga dengan artikel ini laporan elektronika dasar 2 dapat terselesai dengan cepat.

Jangan Lupa sempatkan diri anda buat menuliskan komentar, entah sepatah kata pada kolom komentar serta jangan lupa buat di like atau di share. Karena berbagi itu indah.

 pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi kepada teman teman atau para pengunjung setia  Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator

ACARAVI
RANGKAIAN INTEGRATOR

A. PELAKSANAAN PRAKTIKUM
1. Tujuan Praktikum
a. Menyusun rangaian Op-Amp sebagai rangkaian integrator serta memahami karakteristik pengoperasiannya.
b. Mempelajari hasil proses integrasi pada keluaran dengan memberi masukan gelombang kotak, segitiga serta sinusoidal.

2. Waktu Praktikum
Jumat,3 Juni 2016.

3. Tempat Praktikum
Laboratorium Fisika Dasar, Lantai II Fakultas Matematika serta Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram.

B. ALAT DAN BAHAN
1. Alat Praktikum
a. Osiloskop
b. Minilab Multifunction
c. Breadboard
d. Kabel Banana-Aligator
e. Kabel Jumper
f. Passive Probe

2. Bahan Praktikum
a. IC Op-amp 741
b. Resistor 2,2 M.Ohm
c. Resistor 22 k.Ohm
d. Kapasitor 47 nF

C. LANDASAN TEORI
Rangkaian integrator banyak  digunakan dalam  ”komputasi sinyal analog ” dimana rangkaian ini banyak membatu menyelesaikan persamaan integral.Rangkaian integrator  aktif  dengan  op-amp ini juga berasal dari rangkaian penguat inverting dengan tahanan umpan baliknya diganti dengan kapasitor.contoh rangkaian integrator  aktif standar yakni sbb:

Dengan integrator output (Vout ) dituliskan dalam bentuk matematis  sbb: (Rahiqal,2000:40).

Integrator aktif terdiri dari dua buah kata yaitu integrator serta aktif.Integrator yakni sebuah  rangkaian dimana keluarannya  sebanding dengan  integral masukkanmya.Sedangkan aktif berarti,yakni komponen electron yang dapat bekerja bila ada  daya.sebagai komponen aktif dalam hal ini yakni Op-Amp. Rangkaian integrator dibuat dengan cara mengganti umpan belakang resistor dengan kapasitor seperti gambar dibawah ini. Rangkaian integrator adalah rangkaian yang menghasilkan tegangan keluaran yang adalah hasil dari integrasi dari masukanya. Rangkaian integrator yang digunakan pada Op-Amp adalah integrator aktif, dikatakan integrator aktif karna diperlukan catu daya yang simetris agar integrator ini dapat aktif. Rangkaian integrator dirangkaiakan seperti rangkaian penguat inverting namun pada rangkaian umpan baliknya digantikan dengan sebuah kapasitor, sehingga gambar rangkaian bakal seperti dibawah ini :

 pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi kepada teman teman atau para pengunjung setia  Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator
Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator
Dapat dilihat dari gambar diatas kalau buat menganalisis rangkaian diatas digunakan hukum kirchoff serta kaidah Golden rules dimana enggak ada arus yang mengalir meliwati Op-Amp sehingga walaupun tegangan pada kapasitor berubah-ubah namun arus yang mengalir enggak berubah hal ini karna tegangan pada titik a sama dengan tegangan pada titik b serta karna b ditanahkan maka tegangan pada titik a ditanahkan maya, sehingga tegangan pada titik a yakni nol (0). Arus mengisi kapasitor yang diakibatkan oleh tegangan Vin dimana kuat arus masukanya Iin = vin/Rin , kemudian karna kapasitor diberika tegangan ac maka bakal timbul kuat arus pada kapasitor sebesar Ic = C  dvc/dt , dimana kuat arus tersebut sama dengan arus masukan Iin sehingga persamanya bakal menjadi  vin/(Rin )= c  dvc/dt , kemudian perubaha tegangan dvc dapat dituliskan (Wahyudi, 2014 : 90).

 pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi kepada teman teman atau para pengunjung setia  Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator

Operational Amplifier (Op-Amp) adalah salah satu komponen analog yang sering digunakan dalam mermacam aplikasi rangkaian elektronika. Aplikasi Op-Amp yang paling sering dipakai antara lain yakni rangkaian inverting, non inverting, integrator, differensiator. Op-Amp mempunyai 2 rangkaian feedback (umpan balik) yaitu feedback positif serta negative, dimana feedback negatif mempunyai peranan penting. Secara umum, umpan belakang positif bakal menghasilkan osilasi, sedangkan umpan belakang negative menghasilkan penguatan yang dapat terukur (Brinton, 1995 : 399).

D. PROSEDUR PERCOBAAN
1. Disusun rangkaian Op-Amp integrator seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
 pada kesempatan kali ini saya bakal berbagi kepada teman teman atau para pengunjung setia  Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator
Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator

2. Diatur  isyarat masukan dari signal generator buat menghasilkan isyarat kotak 1 Vpp pada frekuensi 1 kHz.
3. Digunakan Ch 1 pada osciloskop buat gelombang masukan serta Ch 2 buat isyarat keluaran. Diatur time/div serta volt/div agar seluruh layar osciloskop cuma ditempati oleh satu gelombang saja. Digambarkan Hasilnya di bawah ini.
4. Diulangi 2 serta 3 buat gelombang segitiga.Diatat hasilnya
5. Diulangi tahap 2 serta 3 buat gelombang sinusoidal. Dicatat hasilnya.

E. HASIL PENGAMATAN
Terlampir.

F. ANALISIS DATA
Terlampir.

Untuk File Lampiranya dapat di download lewat ling dibawah ini.

Download Laporan Elektronika dasar 2 - Rangkaian Integrator.

"Download Disini"


G. PEMBAHASAN
Praktikum kali ini yaitu mengenai rangkaian integrator yang bertujuan buat menyusun rangkaian Op-Amp sebagai rangkaian integratotr serta memahami karakteristik pengoperasiannya  serta mempelajari hasil proses integrasi pada keluaran dengan member masukan gelombang kotak,segitiga serta sinusoidal. Rangkaian integrator adalah rangkaian dimana keluarannya sama dengan integral masukannya. Rangkaian ini beberapa komponennya mempergunakan komponen aktif yang dapat bekerja apabila ada daya. Komponen aktif yang digunakan dalam praktikum ini yakni IC Op-Amp 741. Rangkaian ini dibuat dengan cara mengganti umpan belakang resistor dengan kapasitor. Rangkaian ini adalah rangkaian inverting.

Pada praktikum ini terdapat dua percobaan yaitu rangkaian integrator tanpa resistor tambahan serta rangkaian integrator dengan resistor tambahan. Pada masing-masing percobaan digunakan masukan gelombang kotak, segitiga, serta sinusoidal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh frekuensi 2500 Hz, Vp-p= 1,4 V buat gelombang kotak. Pada gelombang segitiga didapatkan f = 1111,1 Hz serta Vp-p = 2,4 V. Pada gelombang sinusoidal didapatkan f = 1111,1 Hz serta Vp-p = 2,4 V. Berdasarkan hasil diatas dapat dikenal f gelombang segitiga serta sinusoidal bernilai sama, sedangkan Vp-p gelombang segitiga serta sinusoidal juga bernilai sama. Gelombang keluaran pada percobaan pertama ini yakni gelombang segitiga.

Percobaan kedua, yaitu rangkaian integrator dengan resistor tambahan. Berdasarkan hasil analisis data terlihat kalau gelombang kotak mempunyai frekuensi 2500 Hz serta Vp-p = 1,2 V. Pada gelombang segitiga serta gelombang sinusoidal memilki nilai frekuensi serta tegangan puncak ke puncak yang sama yaitu f = 1111,1 Hz, Vp-p = 6V.

H. PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan tujuan praktikum,dapan disimpulkan bahwa:
a. Rangkaian Op-Amp sebagai rangkaian integrator disusun dengan cara mengganti umpan belakang resistor menjandi umpan belakang kapasitor dimana keluarannya sebanding dengan integral masukannya.
b. Hasil proses integrasi dengan masukan gelombang kotak, segitiga serta sinusoidal berturut-turut buat rangkaian tanpa resistor tambahan yakni 1,4 V, 2,4 V, serta 2,4 V. Sedangkan buat rangkaian dengan resistor tambahan yakni 1,2 V, 6 V, serta 6V.

2. Saran
Seharusnya praktikan lebih teliti dalam melakukan praktikum agar enggak mengalami kesalahan.


DAFTAR PUSTAKA

Brinton, dkk. 1995. 113 Rangkaian Elektronika. Jakarta : Gramedia
Rhiqal,ezan.2000.Konsep-konsep Elektronika Dasar :Makassar.UNHAS.
Wahyudi.2014.Elektronika Dasar II:Mataram : FKIP Press.

Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator.
Rangkaian Integrator.
Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2.
laporan Rangkaian Integrator.
landasan teori Rangkaian Integrator.
Rangkaian Integrator.

Untuk File Lampiranya dapat di download lewat ling dibawah ini.
Download Laporan Elektronika dasar 2 - Rangkaian Integrator.

"Download Disini"


Itulah artikel mengenai Laporan Elektronika Dasar 2 yang bertajuk "Rangkaian Integrator". Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman pembaca. kalau ada kesalahan ataupun kekeliruan dalam artikel ini mohon di komentar agar artikel ini bisa menjadi lebih baik lagi. amin...

Belum ada Komentar untuk "Laporan Praktikum Elektronika Dasar 2 - Rangkaian Integrator"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel